Dark/Light Mode

Dirut ASDP Indonesia Ferry Berkunjung Ke Rakyat Merdeka

Sukses Cetak Pendapatan Terbesar Dalam Sejarah

Selasa, 11 Oktober 2022 07:00 WIB
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara, di Kantor Rakyat Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10). (Foto: Kharizal Anwar/RM)
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara, di Kantor Rakyat Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10). (Foto: Kharizal Anwar/RM)

 Sebelumnya 
“Biasanya, orang datang bawa barang. Sekarang kami bermitra dengan perusahaan jasa yang mengurus. Sehingga, pengirim tinggal duduk manis atau baring-baring di rumah, barangnya tahu-tahu sampai,” papar mantan Dirut PT Sarinah (Persero) itu. 

“Kami mengerti, akibat pandemi, maka logistik yang harus mendatangi barang,” imbuhnya.

Dia bersyukur di tengah krisis akibat pandemi, banyak yang memanfaatkan jasa ASDP untuk mengirimkan barang.

Baca juga : Indonesia-Timor Leste Perkuat Kerja Sama Sub Sektor Peternakan Dan Kesehatan Hewan

Upgrade Sistem Tiketing

Terkait pelayanan terhadap penumpang, ASDP juga sudah memperbaiki dan meng-upgrade sistem tiketing. Melalui Ferizy, layanan pemesanan tiket berbasis online. Ferizy telah diterapkan di empat pelabuhan utama ASDP, yaitu Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Menurut Ira, ada dua hal utama terkait manfaat Ferizy. Pertama, memastikan jumlah orang yang datang sesuai dengan daya muat kapalnya. Kedua, ASDP memastikan calon penumpang mengisi manifest-nya sebelum sampai pelabuhan. "Persis seperti kereta api dan pesawat. Jadi tidak ada lagi penumpang go show," cetus Ira.

Baca juga : Universitas Bakrie Sukses Sedot Perhatian Di Event Career Day 2022

Hasil dari kerja kerasnya memang nyata. Pendapatan ASDP 2021 tercatat yang terbesar di sepanjang sejarah perseroan, yaitu mencapai Rp 3,55 triliun. Dan tahun ini, diperkirakan meningkat lagi dua kali lipatnya.

Mengenai pengembangan pelabuhan, Ira yang pernah berkarier di Gap Inc. itu menceritakan, tahun depan ASDP akan menjadikan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi sebagai ikon baru untuk menarik wisatawan. Jalur penyeberangan dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali itu juga bakal dijadikan pelabuhan digital dengan modernisasi pelayanan digital, seperti automatic ticketing. Lalu dilengkapi tempat check-in mobil sebelum masuk pelabuhan secara digital, sehingga kendaraan bisa cepat terangkut ke kapal.

“Nanti akan ada jalan tol dari Banda Aceh sampai Banyuwangi. Sehingga pembangunan pelabuhan ini akan makin membuat perjalanan lengkap. Lewat darat dari Aceh, Jawa sampai Bali,” katanya.

Baca juga : Milla Pantang Remehkan Klub Papan Bawah

Selanjutnya, pengembangan juga akan bergeser ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Kata Ira, di Labuan Bajo, ASDP memiliki hotel bintang 5 dengan fasilitas internasional, yaitu Hotel Meruorah Komodo. “Function hall-nya terbaik,” kata Doktor jebolan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.