Dark/Light Mode

Sepi Penumpang, Citilink Tutup Sementara Tiga Rute Kertajati

Jumat, 26 Juli 2019 17:42 WIB
Sepi Penumpang, Citilink Tutup Sementara Tiga Rute Kertajati

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai Citilink Indonesia menutup tiga rute penerbangan di Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat. Ketiga rute tersebut yaitu, penerbangan Kualanamu, Palembang, dan Denpasar ditutup mulai 26 Juli 2019.

Vice President Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia Resty Kusandarina mengatakan, penutupan rute dilakukan karena saat ini tengah berlangsung masa low season atau musim sepi penumpang. 

Untuk itu, tingkat keterisian kursi cukup rendah, apalagi di tiga rute tersebut. "Kami sudah lakukan evaluasi sebelumnya," katanya di Jakarta, Jumat, (26/7).

Baca juga : Cuma Sementara, Citilink Tutup 3 Rute di Kertajati 

Resty menjelaskan, Citilink memang rutin melakukan evaluasi terhadap rute-rute yang dibuka. Tujuannya,  agar setiap rute penerbangan yang dioperasikan Citilink berlangsung dengan lebih optimal.

Citilink belum dapat memastikan kapan rute tersebut akan kembali dibuka. Namun, menurut Resty, Citilink masih membuka layanan untuk rute penerbangan lain, seperti Kertajati-Surabaya dan Kertajati-Pekanbaru.

Sekretaris Perusahaan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Arif Budiman membenarkan penutupan sementara dimulai hari ini. Adapun BIJB merupakan pengelola Bandara Kertajati Majalengka.

Baca juga : IKM Serap 60 Persen Tenaga Kerja Industri

"Iya (ditutup sementara), mulai tanggal 26 Juli 2019," katanya. ‎

Menurutnya, penutupan itu hanya bersifat sementara. Alasannya, tingkat keterisian penumpang atau seat load factor rute itu dinilai relatif rendah.

Ditambah lagi saat ini baru memasuki low season. Pemerintah sebelumnya memindahkan sejumlah penerbangan untuk maskapai jenis jet penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati.

Baca juga : Slot Penerbangan Terus Naik, BKS Genjot Akses ke Bandara Kertajati

Pemindahan dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi bandara yang sebelumnya sempat sepi.(KPJ)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.