Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Slot Penerbangan Terus Naik, BKS Genjot Akses ke Bandara Kertajati

Sabtu, 6 Juli 2019 12:37 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyapa seorang penumpang saat meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7). (Foto: Antara)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyapa seorang penumpang saat meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat dalam rangka mengoptimalkan aksesibilitas dari dan ke Bandara Kertajati pada hari ini, Sabtu (6/7).

Antara lain, melalui koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk mempercepat progres pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

"Pak Presiden konsen sekali tentang utilitas Bandara Kertajati, bahkan saat di Manado kemarin, kami ada rapat kecil bersama Menteri PUPR, membicarakan hal yang terkait aksesibilitas," ungkap menteri yang akrab BKS ini.

Baca juga : G20: Stop Penyebaran Terorisme Dan Ekstremisme Lewat Internet

Tol Cisumdawu yang diperkirakan selesai dalam waktu satu tahun, memiliki ruas sepanjang 61 km. Tol ini akan memangkas jarak Bandung - BIJB Kertajati, hanya dalam waktu kurang lebih 1 jam. 

"Kalau Cisumdawu itu selesai, maka kalau jaraknya 60 km, kira-kira itu bisa ditempuh dalam satu jam. Jadi sesuai dengan jarak bandara-bandara lainnya," jelas BKS.

Selain koordinasi intensif dengan Kementerian PUPR terkait Tol Cisumdawu, BKS juga akan menindaklanjuti masukan dari penumpang yang berada di Bandara Kertajati, untuk menambah frekuensi keberangkatan Bus Damri.

Baca juga : Mau Ke Bali, Bisa NaikĀ Garuda Dari Bandara Kertajati

"Pemerintah Pusat, Pemda, serta PT Angkasa Pura II atau AP II akan bersama-sama mengawal kegiatan ini, agar penggunanya makin produktif. Ini yang kita fokuskan. Sejauh ini, ada sedikit masukan dari penumpang, agar frekuensi Bus Damri bisa lebih ditingkatkan," ungkapnya.

Sampai saat ini, jumlah penerbangan di BIKB Kertajati dianggap sudah bagus. Ini ditandai dengan slot penerbangan yang sudah mencapai 70 persen, dan masih terus mengalami pertumbuhan.

Dengan kapasitas Bandara Kertajati yang dapat mencakup 200 kali take off - landing dalam sehari, BKS berharap BIJB akan semakin maju. Saat ini, slot penerbangan di BIJB sudah atas 70 persen, dan masih akan terus bertumbuh. Ini menunjukkan hal yang sangat positif.

Baca juga : Mulai 1 Juli 2019, Lion Air Terbangi Bandara Kertajati Majalengka

"Itu yang saya minta kepada AP II. Kalau sudah di atas 60 persen, slot penerbangan itu sudah termasuk bagus. Saya dapat informasi, slotnya naik. Sampai sekarang ini, sudah naik tujuh persen, jadi cukup agresif kenaikannya," papar BKS.

"Kira-kira, dalam satu hari, take off-landing bisa 200. Jadi sangat banyak sekali, sehingga kita harapkan ini BIJB ini maju dan Bandung itu lebih lega," tutupnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.