Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Angkut 96 Penumpang

Hari Ini, Citilink Terbang Perdana Ke Bandara YIA

Senin, 6 Mei 2019 10:32 WIB
Citilink sukses melakukan proving flight atau uji terbang pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) – YIA pada Kamis (2/5). Citilink dengan pesawat Airbus A320-214 dan nomor penerbangan QG3361 sukses mendarat di landas pacu (runway)11 YIA pada pukul 12.03 WIB yang bertolak dari CGK. (Foto: Humas AP I).
Citilink sukses melakukan proving flight atau uji terbang pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) – YIA pada Kamis (2/5). Citilink dengan pesawat Airbus A320-214 dan nomor penerbangan QG3361 sukses mendarat di landas pacu (runway)11 YIA pada pukul 12.03 WIB yang bertolak dari CGK. (Foto: Humas AP I).

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai Citilink melakukan penerbangan perdana menuju Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA), hari ini, Senin (6/5).

Anak usaha Garuda Indonesia tersebut menjadi maskapai pertama yang terbang secara komersial ke Bandara baru Yogyakarta. Maskapai Citilink dengan jenis pesawat Airbus 320 berkapasitas penumpang 180 orang tersebut terbang dari Bandara Halim.

Diperkirakan, 96 penumpang ikut merasakan penerbangan perdana ini. Mereka terbang pada pukul 11.00 WIB dan dijadwalka  mendarat pukul 11.40 WIB. 

Maskapai selanjutnya yang telah disiapkan membuka rute penerbangan komersial domestik dari dan menuju BIY atau YIA adalah Batik Air. 

Direktur Pemasaran PT Angkasa Pura I Devy Suradji mengatakan, Batik Air merencanakan 4 rute penerbangan. Di antaranya Jakarta-Yogyakarta-Jakarta, Palangkaraya-Yogyakarta-Palangkaraya, Samarinda-Yogyakarta-Samarinda, dan Denpasar-Yogyakarta-Denpasar. 

Baca juga : Citilink Siap Terbang Komersial Perdana Dari Halim Ke Bandara YIA

“Kami sedang bahas untuk movement Denpasar dan Jakarta karena dua bandara itu slotnya penuh. Kalau Samarinda dan Palangkaraya sudah oke,” ujar Devy saat di kantor Kementerian BUMN, Jumat, (3/3) lalu. 

Devy memastikan, setelah Citilink, Batik Air bakal menyusul mendarat ke BIY. Namun, jadwal operasional Batik Air masih dalam tahap pembahasan. 

Selain rute penerbangan domestik, Angkasa Pura I mulai menjajaki pembukaan gate untuk rute penerbangan internasional.

 Devy mengungkapkan, ada 2 rute luar negeri yang disiapkan dibuka, di antaranya rute Yogyakarta-Kuala Lumpur dan Yogyakarta-Singapura atau sebaliknya.

Sedangkan maskapai yang telah terdaftar beroperasi dari BIY untuk rute internasional adalah AirAsia dan SilkAir. 

Baca juga : Angkasa Pura I Dorong Maskapai Buka Rute Penerbangan Baru Ke Bandara YIA

Menurutnya, untuk membuka rute internasional, Angkasa Pura I membutuhkan waktu cukup panjang. “Minimal 8 minggu dari sekarang,” ujarnya.

Selain mesti mengurus izin pembukaan rute di bandara tujuan, Angkasa Pura I juga harus memastikan kesiapan peranti penunjangnya. Misalnya pintu keamanan, bagasi, karantina, dan Imigrasi. 

Setelah seluruh terminal beroperasi, beban pergerakan penumpang di Bandara Adisutjipto akan berkurang.

Saat ini, bandara dengan kode pencatatan JOG itu menampung pergerakan penampung sebanyak 8 juta per tahun. Rata-rata penumpang dalam sehari saat masa ramai penumpang atau high season mencapai 21 ribu. 

Sebelumnya, Maskapai Citilink berhasil melakukan proving flight atau uji terbang pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK)-Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), pada Kamis (2/5).

Baca juga : Dua Menteri Koalisi Jokowi Terancam Keok Di Jabar VI

Citilink dengan pesawat Airbus A320-214 dan nomor penerbangan QG3361 ini sukses mendarat di landas pacu (runway) 11 YIA pada pukul 12.03 WIB yang bertolak dari CGK. Kemudian pesawat sukses lepas landas kembali ke CGK pada pukul 13.40 WIB.

Direktur Teknik PT Angkasa Pura I (Persero) Lukman F. Laisa mengungkapkan, kesuksesan proving flight ini merupakan milestone dari pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.