Dark/Light Mode

Toyota All New Vios Makin Powerful Dan Aman

Rabu, 12 Oktober 2022 19:19 WIB
Wakil Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kanan) bersama jajaran direksi TAM,  Fumitaka Kawashima (kiri) dan  Anton Jimmi Suwandy (tengah) berfoto mengapit All New Vios, saat memperkenalkan secara resmi sedan Vios generasi ke-3 tersebut di Toyota Driving Experience (TDE) Sunter, Jakarta Utara, Rabu (12/10). (Foto: Ist)
Wakil Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kanan) bersama jajaran direksi TAM,  Fumitaka Kawashima (kiri) dan  Anton Jimmi Suwandy (tengah) berfoto mengapit All New Vios, saat memperkenalkan secara resmi sedan Vios generasi ke-3 tersebut di Toyota Driving Experience (TDE) Sunter, Jakarta Utara, Rabu (12/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi memasarkan All New Vios yang kini tampil lebih elegant dan powerful dengan fastback silhouette pada desain eksterior dan interior yang semakin berkelas di Indonesia.

Sedan Vios generasi ke-4 yang dikembangkan dengan platform baru ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang lebih lengkap dan advance untuk makin memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara, termasuk dengan disematkannya fitur berteknologi tinggi Toyota Safety Sense (TSS).

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, sebagai mobil sedan yang telah menemani masyarakat Indonesia selama hampir 20 tahun, Vios telah menjadi brand penting bagi Toyota. Pihaknya bersyukur mobil sedan yang dikenal memiliki quality, durability, dan reliability yang tinggi ini mendapatkan penerimaan yang sangat baik di seluruh dunia.

Bahkan di Indonesia sendiri, kata dia, Vios tampil sebagai market leader di segmennya. Secara total, sejak diperkenalkan tahun 2003 lalu, Vios telah membukukan penjualan retail lebih dari 130.000 unit.

“Sebagai bentuk apresiasi, hari ini kami hadirkan All New Vios dengan platform baru dan all new design pada seluruh aspek eksterior dan interior, serta peningkatan safety feature dan tambahan advance teknologi baru. Kami harap All New Vios dapat menjawab kebutuhan pelanggan di segmen sedan dan meneruskan perannya sebagai market leader,” ujarnya saat peluncuran All New Vios, Rabu (12/10).

Desain

All New Vios memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm. Mobil ini bergaya  bergaya Keen Look yang sporty dan powerful terlihat nyata pada bagian depan All New Vios. Grille trapezoidal ekstra besar begitu mendominasi wajahnya dengan bilah hitam kokoh dan bergaya tiga dimensi.

Di atasnya, terdapat grille tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED diperkuat oleh lekukan kokoh dan aerodinamis yang membentuk air dam di sudut bumper depan. Lekukan kokoh terus berlanjut pada kap mesin dan dipertegas oleh garis bahu samping yang maskulin.

Velg alloy 17 inch bergaya futuristis tampak mendominasi bagian samping mobil dan posisinya yang mendekati ujung spatbor membuat All New Vios tampak powerful dan berwibawa. Kehadiran jendela ketiga di belakang pintu samping (6-light window) untuk menegaskan kabin yang lebih mundur ke belakang dan membuat All New Vios terlihat lebih elegant.

Baca juga : Demokrat Pede, Anies-AHY Mampu Bikin Perubahan

Selain itu, Fastback Style dengan jendela belakang melandai mendekati ujung bagasi memberikan siluet khas sedan mewah. Nuansa sedan yang berkelas terus berlanjut pada desain buritan yang simpel dan modern dengan sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.

Paduan tema desain elegant dan powerful terus berlanjut ke dalam kabin All New Vios. Dominasi warna hitam pada interior membuat kesan berkelas dan nyaman.

Desain dashboard baru yang modern menggunakan bahan soft touch yang selaras dengan desain door trim. Pada Vios grade G, penggunaan bahan serupa berlanjut pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah.

Desain kokpit driver-oriented serta posisi duduk pengemudi yang pas menyediakan visibilitas keluar memadai dan menjaga kenyamanan mobilitas harian. Nuansa sedan berkelas juga dinikmati oleh penumpang belakang yang mendapatkan ruang duduk lebih lapang seperti Medium Sedan berkat wheelbase ekstra dan atap Fastback Style.

Mesin

All New Vios kini mengadopsi engine baru berkode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder yang tangguh dan andal. Penggunaan teknologi Dual VVT-i yang efisien membuat mesin kompak ini sanggup melontarkan tenaga dan irit bahan bakar di berbagai kondisi jalan dan gaya berkendara.

Sebagai catatan, dapur pacu All New Vios menyediakan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.

“Trend dan preferensi masyarakat dalam memilih sebuah mobil sebagai partner bermobilitas kini telah berubah. Toyota sebagai perusahaan mobilitas berusaha untuk memenuhi harapan pelanggannya,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

Toyota bersama dengan tim engineer kembangkan All New Vios berdasarkan tiga pilar: Proudful, Comfortable, serta Valuable, namun tetap mempertahankan DNA sedan Vios yang memiliki Quality, Durability, dan Reliability yang tinggi. Oleh karena itu, meskipun All New Vios dilengkapi dengan berbagai teknologi baru dan lebih canggih, All New Vios tetap mempertahankan DNA-nya untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggannya.

Baca juga : Kinerja Pelindo Makin Moncer Pasca Merger

“Kami harap All New Vios dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern terhadap mobil sedan yang lega dan memberikan kenyamanan dan keamanan lebih bagi seluruh penggunanya,” katanya.

Fitur

All New Vios telah disematkan panel instrumen berukuran 7-inch TFT dan Digital LED Speedometer yang terlihat menyatu dan modern, serta dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan antarmuka 4 pattern mengikuti selera pengemudi.

Untuk menambah kenyamanan pengemudi, Electric Parking Brake diaplikasikan pada seluruh grade All New Vios. Selain itu, handling All New Vios grade G yang mantap diperkuat oleh pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Sport lewat tombol di kemudi.

Sistem audio menggunakan layar sentuh 9 inch floating di tengah dashboard yang menyajikan kemudahan dan kenyamanan akses pada sistem hiburan kendaraan. Semakin menyesuaikan dengan trend terkini, Toyota meng-update entertainment system dengan meningkatkan smartphone connection di head unit melalui pengaplikasian Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP) di seluruh grade All New Vios yang kini terdiri atas grade G CVT TSS, G CVT, dan E M/T. 

All New Vios kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan terbaik Toyota, yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All New Vios terdiri atas 9 fitur safety.  Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam (AHB), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Allert (RCTA), itur Adaptive Cruise Control (ACC), dan Front Departure Alert (FDA).

Selain TSS, All New Vios juga memiliki Safety features lainnya, mulai dari fitur rem ABS+EBD+BA yang dimaksimalkan oleh piringan cakram di seluruh roda. Terdapat pula Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua grade All New Vios. Khusus untuk flagship All New Vios CVT TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC) untuk membantu safety driving di jalan.

All New Vios juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna All New Vios ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

Harga

Baca juga : MotoGP, Maverick Makin Pede Juara

All New Vios hadir dengan lima pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.

Vios 1.5 E M/T : Rp 314.900.000

Vios 1.5 G CVT : Rp 355.200.000

Vios 1.5 G CVT (premium color): Rp 356.700.000

Vios 1.5 G CVT TSS : Rp 368.400.000

Vios 1.5 G CVT TSS (premium color): Rp 369.900.000.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.