Dark/Light Mode

DKV Untar Siap Perkuat UMKM Kubu Raya

Kamis, 20 Oktober 2022 17:04 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain (DKV FSRD) Untar melakukan kunjungan ke Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, Rabu (12/10).

Kedatangan mereka diterima Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, didampingi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Norasari Arani.

Kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan prodi DKV di Kabupaten Kubu Raya sebagai realisasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca juga : Totalitas Sunarso Berdayakan UMKM Berbuah Penghargaan

Bupati Kubu Raya menyampaikan daerahnya selama ini berupaya mendorong dan memperkuat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mereka optimis serta yakin dengan produk-produk yang dihasilkannya.

Dikatakannya, UMKM Kubu Raya berpeluang untuk meningkat sampai pada kegiatan ekspor sehingga mampu mengurangi pengangguran. Untuk dapat bersaing, perlu dilakukan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

"Saya yakin Universitas Tarumanagara adalah salah satu kampus ternama yang berpengalaman dan kompeten untuk mengawal sekaligus memperkuat UMKM di Kabupaten Kubu Raya. Semoga Universitas Tarumanagara bisa menjadi mitra yang luar biasa," ungkapnya.

Baca juga : Pemerintah Perkuat Kebijakan Satu Data

Ditambahkan Kepala Dinas DKUKMPP, diharapkan DKV Untar bisa berkontribusi membantu peningkatan kualitas produk dari sisi desain kemasan agar dapat meningkatkan omset.

Menanggapi hal tersebut Dekan FSRD Dr Kurnia Setiawan dan Ketua Prodi DKV FSRD Ruby Chrissandy menyatakan kesiapannya untuk membantu UMKM Kubu Raya.

Sementara itu anggota tim Anny Valentina menambahkan pandangannya bahwa produk-produk UMKM Kubu Raya walau sudah baik namun perlu digarap lebih serius.

Baca juga : Indonesia Siap Penuhi Kebutuhan Pangan Singapura

Tim FSRD beranggotakan Andreas, Ferdy Tanumihardjo, Toto Mujio Mukmin, Tri Hadi Wahyudi, Julius Andi, Agus Danarto dan mahasiswa melakukan penelitian dan membantu pengembangan UMKM di Kubu Raya.

Kegiatan ini juga untuk dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa melihat, belajar dan menerapkan ilmu yang didapatkan selama kuliah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.