Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Genjot Sertifikasi Produk Halal

Kadin Dorong UMKM Rambah Pasar Ekspor

Sabtu, 22 Oktober 2022 06:30 WIB
Genjot Sertifikasi Produk Halal Kadin Dorong UMKM Rambah Pasar Ekspor

RM.id  Rakyat Merdeka - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggenjot sertifikasi produk halal Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini diharapkan dapat dijadikan modal untuk merambah pasar ekspor.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan Juan Per­mata Adoe memastikan pihaknya komit memberdayakan UMKM. Kadin menargetkan, upaya itu bisa berkontribusi pada peningkatan ekspor sehingga perdagangan Indonesia surplus. Salah satu upaya itu dilakukan melalui ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 ke-37 yang resmi dibuka pada 19 September 2022.

“Kami punya program Kadin International Trading House dan Wikiwirausaha untuk mendorong akselerasi pengembangan serti­fikasi halal pada produk UMKM agar dapat merambah pasar ekspor. Termasuk melalui ajang TEI 2022,” kata Juan dalam keterangan resmi Kadin, kemarin.

Baca juga : Produk Kaca Tiup Binaan PNM Tembus Pasar Eropa

Dilanjutkan Juan, TEI 2022 sangat penting dalam industri dan perdagangan bagi Ka­din, dan UMKM di Indonesia. Karena pameran perdagangan internasional ini dilaksanakan di tengah pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19.

“Pelaku usaha di Indonesia membutuhkan TE Iuntuk meningkatkan ekspor dan menjalin perdagangan yang lebih besar ke depannya. Untuk itu, konsis­tensi dalam pameran ini sangat penting dan diharapkan gelaran ini menjadi agenda dunia,” ujarnya.

Pameran ini, lanjut Juan, juga diharapkan dapat menjadi titik balik pertumbuhan ekonomi In­donesia pasca pandemi.

Baca juga : Mendag Kanada Temui Wamenag

Untuk diketahui, produk yang ditampilkan pada ajang TEI 2022 dibagi menjadi beberapa sektor antara lain, manufaktur, fesyen, aksesoris, kecantikan, kesehatan, peralatan medis, mebel, dekorasi, jasa digital serta makanan dan minuman. Dari jumlah itu 30 persennya dialokasikan untuk UMKM.

TEI 2022 dibuka oleh Presi­den Joko Widodo. Dia menar-getkan ajang ini mengantongi kontrak ekspor hingga 10 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 156,3 triliun.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkap­kan, TEI 2022 mendapat antu­siasme yang sangat tinggi dari para eksportir. Hal itu terlihat dari 795 peserta berpartisipasi dalam ajang ini.

Baca juga : Kantongi Sertifikat Halal, Vaksin IndoVac Bio Farma Siap Diekspor

Selain itu, sebanyak 2.288 buyer dari 176 negara telah terdaf­tar mengikuti pameran.

“Kami menyampaikan apre­siasi atas kerja sama dan du­kungan penuh dari Kementerian Luar Negeri, perwakilan Kadin Indonesia dan Kamar Dagang Negara sahabat yang telah berupaya maksimal dalam men­jaring pembeli mancanegara,” tegasnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.