Dark/Light Mode

Kadin: Penguatan Ekosistem UMKM Dorong Peningkatan Ekspor

Minggu, 23 Oktober 2022 17:11 WIB
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan Juan Permata Adoe. (Dok. IST)
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan Juan Permata Adoe. (Dok. IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penguatan ekosistem Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa mendorong peningkatan ekspor dan perdagangan Indonesia. Untuk itu, kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, perbankan, serta stakeholder penting dilakukan.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan Juan Permata Adoe dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Baca juga : Indonesia Hospital Expo, Jalan Perumahan Biomedis Korsel Lebarkan Sayap Ekspor

Kadin Indonesia menciptakan inisiatif Kadin International Trading House, Wiki Wirausaha, dan mengakselerasi pengembangan sertifikasi halal untuk para pelaku UMKM.

Ini sebagai upaya kontribusi Kadin Indonesia dalam membantu UMKM untuk memperluas pasar termasuk membuka peluang pasar ekspor.

Baca juga : Ganjar Dorong Alpukat Rifai Tembus Ekspor

Hal itu juga sejalan dengan pesan dari Presiden RI Jokowi bahwa perlu adanya Indonesia Incorporated agar perusahaan yang besar, menengah, kecil bekerja sama, berkolaborasi bersama menyelesaikan persoalan di lapangan secara konkret.

Ditegaskan, Kadin Indonesia dan pemerintah merupakan key enabler untuk mengakselerasi neraca perdagangan Indonesia dengan meningkatkan ekspor UMKM di Indonesia di mana membutuhkan daya saing UMKM yang tinggi.

Baca juga : Dongkrak Penjualan UMKM, Tokopedia Resmikan Gudang Pintar Surabaya

"Maka dari itu, Kadin Indonesia menciptakan badan vokasional untuk memberikan bekal sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM di Indonesia," katanya.

Juan juga menambahkan pentingnya untuk menanamkan pola pikir bahwa tujuan Indonesia mengimpor adalah untuk ekspor.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.