Dark/Light Mode

Kadin: Penguatan Ekosistem UMKM Dorong Peningkatan Ekspor

Minggu, 23 Oktober 2022 17:11 WIB
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan Juan Permata Adoe. (Dok. IST)
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan Juan Permata Adoe. (Dok. IST)

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Logistik dan Rantai Pasok Kadin Indonesia Akbar Djohan mengatakan bahwa tanpa adanya perdagangan, tidak akan ada kegiatan logistik. 

Dia berharap, target pemerintah menurunkan biaya logistik nasional menjadi 17 persen dari 23 persen, akan dapat memberikan nilai tambah dan solusi bagi para pelaku UMKM.

Baca juga : Indonesia Hospital Expo, Jalan Perumahan Biomedis Korsel Lebarkan Sayap Ekspor

Dengan upaya diturunkannya biaya logistik ini, diharapkan dapat memberikan nilai tambah, serta solusi bagi para pelaku usaha, terutama UMKM.

"Terlebih, Kadin Indonesia juga selalu berupaya memberikan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan daya saing UMKM, sehingga dapat membantu mereka untuk berkompetisi di pasar regional maupun internasional," kata Akbar.

Baca juga : Ganjar Dorong Alpukat Rifai Tembus Ekspor

Sementara itu, Wakil Ketua Komite Tetap Bidang Pengembangan Ekspor Kadin Indonesia Audist Subekti juga mengatakan sebagai payung dunia usaha di Indonesia, Kadin Indonesia akan membantu pelaku usaha dan UMKM dalam membuka pasar global serta membimbing untuk mendapatkan peluang ekspor.

"Salah satu cara untuk mendorong pertumbuhan ekspor adalah memperkuat kapabilitas UMKM dalam digitalisasi. Digitalisasi juga menjadi kunci penting bagi UMKM dalam proses mengekspor," ucap Audist.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.