Dark/Light Mode

Dukung Net Zero Emission, Pupuk Kaltim Raih Penghargaan ESG Excellence 2022

Senin, 24 Oktober 2022 09:58 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Selain itu, perseroan juga mulai menggunakan sepeda dan motor listrik ramah lingkungan untuk transportasi operasional perusahaan dan uji emisi berkala untuk kendaraan bermotor operasional.

Bahkan, pihaknya bersama TNI (Tentara Nasional Indonesia) menggagas program Community Forest, yaitu aktivitas penanaman pohon bersama dengan target 10 juta pohon hingga 2030. Dari sinergi ini, kata dia, akan dicapai target pengurangan emisi karbon hingga 32,50 persen di tahun 2030.

"Dari program ini, kami harap bisa berkontribusi terhadap penyerapan emisi karbon hinggi 5.379 ton CO2 (karbondioksida) per tahun," ungkapnya.

Baca juga : Biovision Kembali Terima Penghargaan Top Brand Award (TBA) 2022

Tak hanya itu, pihaknya juga bekerja sama dengan masyarakat sekitar Bontang dalam konservasi keanekaragaman hayati yang ada di dalam ekosistem perusahaan, seperti konservasi terumbu karang, penangkaran rusa dan kultur jaringan tanaman langka.

Ia sangat mengapresiasi penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 ini sebagai hasil dari upaya bersama dan kinerja unggul yang ditunjukkan semua rekan-rekan di PKT.

"Suatu perusahaan, ke depannya akan sangat dituntut untuk tidak hanya menjadi lebih produktif dan profitable, tapi juga harus lebih mengutamakan aspek ramah lingkungan," ujarnya. 

Baca juga : Perpusnas Raih Penghargaan dalam JDIHN Awards 2022

Lewat berbagai inisiatif pengembangan konsep ESG yang outputnya memberikan banyak manfaat bagi lingkungan akan menjadi strategi perusahaan dalam mempercepat laju dekarbonisasi industri petrokimia dan pupuk.

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring, Sukirno mengatakan, lewat ajang ini pihaknya ingin mengapresiasi berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan perusahaan di Tanah Air. Apalagi, di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG.

"Pertumbuhan tren investasi ESG pun mengalami peningkatan drastis sejak 2016," katanya.

Baca juga : Perhutani Dukung Target Net Zero Emission Dengan Perdagangan Karbon

Ia menambahkan,dalam proses penjurian mulai 12 September hingga 12 Oktober 2022, TrenAsia ESG Excellence 2022 menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri.

"Yang dinilai adalah implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Serta, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021," ujar Sukirno. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.