Dark/Light Mode

Rupiah Kembali Lesu Hadapi Dolar AS

Selasa, 25 Oktober 2022 09:54 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Antara)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini nilai tukar rupiah dibuka melemah tipis 0,04 persen ke level Rp 15.592 per dolar AS dibanding perdagangan kemarin di level Rp 15.586 per dolar AS.

Pergerakan mata uang di kawasan Asia bervariasi terhadap dolar AS. Yen Jepang minus 0,03 persen, baht Thailand naik 0,41 persen, peso Filipina melesat 0,05 persen, won Korea Selatan naik 0,02 persen, yuan China anjlok 0,60 persen, dan dolar Singapura naik 0,06 persen.

Baca juga : Transmart Resmi Buka Kembali di Tangerang City

Indeks dolar AS terhadap mata uang saingannya turun 0,10 persen ke level 111,8 persen. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro melemah 0,16 persen ke level Rp 15.374, terhadap poundsterling Inggris minus 0,32 persen ke level Rp 17.588, dan terhadap dolar Australia melemah 0,19 persen ke level Rp 9.830.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan dolar kembali karena pejabat The Federal Reserve diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 0,75 poin persentase pada pertemuan November mereka.

Baca juga : Rupiah Kembali Melorot Pagi Ini

“Sementara beberapa pembuat kebijakan telah mengisyaratkan keinginan untuk menahan laju kenaikan suku bunga,” katanya dalam riset harian, Selasa (25/10).

Selain itu kata Ibrahim, dolar AS naik lebih tinggi terhadap mata uang lainnya akibat sentimen intervensi oleh Bank of Japan dan sentimen dari Inggris yang diperkirakan akan memiliki Perdana Menteri baru, yakni Rishi Sunak.

Baca juga : Jak-Japan Matsuri Kembali Hibur Jakarta

Dari dalam negeri pelaku pasar terus memantau perkembangan inflasi, setelah berbagai lembaga memproyeksi inflasi Indonesia tahun ini akan menyentuh angka 6-7 persen.

Untuk itu ia memproyeksi, pergerakan mata uang rupiah kemungkinan berfluktuatif, tetapi ditutup melemah di rentang Rp 15.560-Rp 15.630 sepanjang hari ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.