Dark/Light Mode

Gandeng BPPT

Kemenperin Bidik Ekspor Tekstil Naik Dua Kali Lipat

Senin, 29 Juli 2019 08:31 WIB
Direktur Industri Tekstil, Kulit dan Alas Kaki Kemenperin Muhdori (kedua kiri) tengah foto bersama usai MoU dengan Direktur Pusat Teknologi Material BPPT Mahendra Anggaravidya dan Peneliti Utama BPPT Sudirman Habibie. (Foto: Ist)
Direktur Industri Tekstil, Kulit dan Alas Kaki Kemenperin Muhdori (kedua kiri) tengah foto bersama usai MoU dengan Direktur Pusat Teknologi Material BPPT Mahendra Anggaravidya dan Peneliti Utama BPPT Sudirman Habibie. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membidik ekspor tekstil dan produk tekstil pada 2030 mencapai 26 miliar dolar AS atau sekitar Rp 364 triliun. Angka ini naik dua kali lipat dibanding capain ekspor saat ini 13 miliar dolar AS.

Untuk mencapai target tersebut, Kemenperin menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kerja sama terkait penyusunan Roadmap Industri Tekstil dan Apparel serta pendampingan implementasi Light House Project Industri Tekstil 4.0.

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) dilakukan Direktur Industri Tekstil, Kulit dan Alas Kaki Kemenperin Muhdori dengan Direktur Pusat Teknologi Material BPPT Mahendra Anggaravidya di Gedung Kemenperin, Jakarta, pekan lalu.

Menurut Muhdori, dengan adanya kerja sama ini, ke depan daya saing industri TPT nasional dapat ditingkatkan lagi. Caranya dengan pengembangan dan pemanfaatan teknologi berbasis industri 4.0.

Baca juga : Ini Empat Strategi Kemenperin Kerek Daya Saing Industri Tekstil

“Sehingga kita bisa mengetahui parameter seperti apa yang akan diterapkan oleh industri 4.0 pada sektor TPT. Karena nanti yang menetapkan definisi industri 4.0 untuk sektor TPT adalah BPPT,” jelas Muhdori.

Sedangkan Mahendra menambahkan, BPPT nanti akan memberikan dukungan dari sisi teknologinya, termasuk untuk industri proses dan materialnya.

Peneliti Utama BPPT Sudirman Habibie mengatakan, peta jalan yang akan dibuat selama enam bulan ke depan ini diharapkan dapat menjadi motor sekaligus ruh dari bergeraknya kembali industri TPT nasional.

Mengingat teknologi yang digunakan oleh industri TPT nasional sudah tertinggal beberapa generasi jika dibandingkan dengan negara-negara pesaing seperti Banglades dan Vietnam.

Baca juga : Kemenperin Genjot Daya Saing Industri Plastik Dan Karet

Buktinya, tambahnya, bisa dilihat seperti kondisinya sekarang ini. Industri TPT nasional berada pada situasi stagnan sejak 30 tahun lalu. Sedangkan negara pesaing kita maju dengan cepat dan akhirnya menyisihkan Indonesia.

“Itu bisa kita buktikan dengan capaian nilai ekspor TPT nasional dari tahun ke tahun. Yakni sejak 30 tahun lalu angka 13 miliar dolar AS itu masih tetap sama kondisinya dengan capaian pada 2019,” hitung Sudirman.

Maka dari itu, sambungnya, saat ini industri TPT nasional tidak memiliki kemajuan yang berarti. Kenapa demikian? Karena Indonesia terlambat melakukan up-date teknologi.

“Dengan penerapan industri 4.0 pada sektor TPT, saya yakin ketertinggalan TPT nasional dengan negara-negara pesaing dapat kita kejar. Bahkan bisa kita lampaui. Namun dengan catatan, roadmap yang dihasilkan dari MoU ini harus benar-benar diterapkan oleh seluruh pemangku kepentingan,” tekannya.

Baca juga : Gebrakan Kementan Pacu Ekspor Berbasis Digital

Khususnya pemerintah dan kalangan perbankan jangan setengah hati memberi bantuan kepada sektor industri TPT nasional tapi harus all-out. “Kita akan buktikan industri TPT yang sempat disebut sebagai sunset industri itu adalah tidak benar,” janji Sudirman.

Jika semua pihak yang berkepentingan memberi respon positif mendukung industri TPT nasional, kata Sudirman, nilai ekspor yang 13 miliar dolar AS itu bisa dua sampai tiga kali lipat diraih Indonesia.

“Saya yakin betul itu terjadi pada 2030. Kejayaan industri TPN nasional akan bersinar kembali meninggalkan Banglades dan Vietnam. Tapi dengan syarat roadmap yang disusun lewat MoU ini harus benar-benar dijalankan,” tandasnya.

Di sisi lain, pintanya, para pelaku industri TPT di dalam negeri tetap menjaga kekompakan. Khususnya antara produsen TPT dengan industri benang. Sehingga Indonesia kembali jadi yang diperhitungkan di kancah global. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.