Dark/Light Mode

Sandiaga Uno: Tahun Ini, Santri Digitalpreneur Buka 1,1 Juta Lapangan Kerja

Sabtu, 29 Oktober 2022 20:58 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Ist)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut, program santri digitalpreneur tahun 2022 telah membuka 1,1 juta lapangan kerja baru.

Ditargetkan pada 2024 sisa menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Atas arahan Bapak Presiden dan Bapak Wapres tahun 2024 target kita menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga di Ponpes An Nawawi Tanara, Serang, Jumat (28/10).

Baca juga : Sandiaga Dorong Ribuan Pelajar Se-Malang Raya Jadi Entrepreneur Untuk Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga meyakini, santri adalah jawaban atas tantangan-tantangan yang terjadi di era serba digital saat ini. Selain itu, santri harus menjadi penggerak ekonomi negeri di era digital.

Sebab, santriwan dan santriwati memiliki daya saing dan potensi untuk kebangkitan bangsa Indonesia di era serba digital.

"Era digital membawa perubahan pada kehidupan kita saat ini. Banyak dampak positif yang kita rasakan. Era digital juga membawa dampak negatif sehingga menjadi tantangan yang luar biasa di kehidupan masa kini yang penuh dengan tatanan ekonomi baru, ekonomi serba digital," ujar dia.

Baca juga : Sandiaga Optimalkan Platform Digital Demi Kenaikan Ekonomi UMKM

Kebutuhan konten-konten kreatif yang bernapaskan keislaman, menjadi salah satu peluang dan kesempatan para santri untuk bisa dimanfaatkan mendapatkan penghasilan.

Sehingga, Kemenparekraf memfasilitasi para santri dan generasi milenial untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan di sektor industri kreatif untuk menghadapi tantangan lewat program Santri Digitalpreneur.

"Dengan harapan nantinya santri bisa menjadi produsen informasi dan literasi yang sangat kreatif untuk penggerak konten-konten terbaik yang bernilai islami," jelasnya.

Baca juga : Halep Bertekad Pulihkan Nama

Untuk itu, Sandiaga mengajak 5 juta santri muda dapat berdaya menjaga martabat kemanusiaan, untuk kebangkitan bersama agar Indonesia maju, sejahtera, adil, dan makmur. "Oleh karena itu kita harus kedepankan inovasi adaptasi dan kolaborasi," pungkas Sandi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.