Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet: Sidang Tahunan MPR Siap Digelar Besok, Jokowi Akan Pidato

Senin, 15 Agustus 2022 18:28 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) meninjau gladi bersih Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/8). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) meninjau gladi bersih Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/8). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - MPR, DPR, dan DPDsudah siap menyelenggarakan Sidang Tahunan MPR yang pelaksanaannya digabungkan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD pada 16 Agustus 2022, di Ruang Sidang Paripurna Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan. Presiden Jokowi juga sudah memastikan diri hadir untuk menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara, sekaligus pidato dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Presiden Joko Widodo sepakat dengan MPR, DPR, dan DPD agar pelaksanaan Sidang Tahunan MPR sekaligus Sidang Bersama DPR dan DPD dibuat secara sederhana, efektif, dan efisien. Sehingga tidak memakan waktu terlalu lama. Yang terpenting, pesannya tersampaikan kepada masyarakat," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo, usai meninjau gladi bersih Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/8).

Baca juga : ASEAN-UE Gelar Pameran Pendidikan Virtual

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, mengingat pandemi Covid-19 yang sudah mereda, maka Sidang Tahunan MPR 2022 sekaligus Sidang Bersama DPR dan DPD akan dihadiri secara fisik oleh seluruh anggota MPR, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Semua yang hadir, baik petugas sidang dan undangan, diwajibkan melakukan Swab PCR test dengan hasil negatif maksimal 2x24 jam.

"Para tamu undangan yang hadir antara lain, pimpinan lembaga negara, mantan presiden dan wakil presiden, menteri kabinet Indonesia maju, Panglima TNI, Kapolri, duta besar negara sahabat, para mantan Pimpinan MPR/DPR/DPD, serta tamu undangan lainnya," jelas Bamsoet.

Baca juga : Maruf Cahyono: Perlu Sinergi Insan Kehumasan

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, Sidang Tahunan MPR yang dirintis sejak era kepemimpinan Ketua MPR Zulkifli Hasan (2014-2019), telah menjadi Konvensi Ketatanegaraan yang terus terpelihara dengan baik serta memberi warna tersendiri dalam kehidupan demokrasi dan ketatanegaraan Indonesia. Sekaligus menjadi forum untuk menegakkan kedaulatan rakyat, mengembangkan demokrasi, sekaligus wahana untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.

"Sebagai negara hukum yang demokratis, penyelenggaraan pemerintahan harus mengedepankan prinsip clean and good governance. Cirinya melalui keterbukaan informasi pemerintah kepada publik dan segala tindakan atau keputusan harus mampu dipertanggungjawabkan kepada masyarakat secara akuntabel," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.