Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangun SDM Digital, KSP Buka Peluang Kemitraan Dengan Swasta

Kamis, 13 Oktober 2022 14:59 WIB
Kepala Staf Kepresidenan menerima kunjungan Country Manager Amazon Web Services (AWS) Indonesia, Gunawan Susanto, di Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis (13/10).
Kepala Staf Kepresidenan menerima kunjungan Country Manager Amazon Web Services (AWS) Indonesia, Gunawan Susanto, di Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis (13/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kepala Staf Kepresidenan selalu terbuka terhadap ajakan kemitraan dari pihak swasta, terutama yang terkait dengan tujuan pembangunan sumber daya manusia (SDM) digital dalam negeri.

“Indonesia memang perlu membangkitkan minat digital yang saat ini masih menjadi potensi dan belum dikelola sebagai kekuatan. Potensi anak muda Indonesia besar, tapi karena keterbatasan yang ada, potensi ini belum terkelola dengan baik,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menerima kunjungan Country Manager Amazon Web Services (AWS) Indonesia, Gunawan Susanto, di Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis (13/10).

Selain memberikan perhatian pada pelatihan dan pendidikan digital, KSP juga memberikan perhatian khusus pada link and match dan penyerapan talenta dalam negeri dalam industri digital nasional maupun internasional.

Baca juga : Jelang Puncak KTT G20, KSP Ajak Pemda Gencarkan Demam G20

“KSP sangat terbuka dengan peluang kerja sama dengan pihak swasta. Apalagi yang terkait dengan konteks pembangunan SDM digital. KSP sanggup menyiapkan resources yang dibutuhkan dan bisa menjembatani komunikasi dengan instansi terkait,” imbuhnya.

Sementara itu, Country Manager Amazon Web Services (AWS) Indonesia, Gunawan Susanto telah menginisiasi program pendidikan dan pelatihan digital intensif bagi masyarakat Indonesia. 

Bahkan menurut Gunawan, pelatihan gratis ini menyasar pelaku usaha mikro dan masyarakat yang berdomisili di kawasan pinggiran kota di luar Pulau Jawa guna mengurangi disparitas digital di Indonesia.

Baca juga : Berdikari Dukung Keamanan Pasokan Pangan Di Jabar

“Presiden Jokowi punya perhatian yang besar terhadap pembangunan SDM. Program Manajemen Talenta Nasional, contohnya, merupakan upaya negara hadir mengelola anak-anak bangsa unggulan. Jadi, saya berterima kasih pada inisiatif AWS dan pihak swasta lainnya yang hadir menguatkan program pemerintah,” pungkasnya.

Sebelumnya, KSP juga telah bekerja sama dengan Huawei Indonesia dalam pengembangan 100,000 SDM digital di Indonesia melalui pendidikan vokasi. Kerja sama yang sudah terbangun sejak tahun 2020 ini diharapkan bisa memberikan peluang kepada talenta yang dimiliki Indonesia.

“AWS sebagai pihak swasta bertanggung jawab untuk menjaga kualitas pelatihan yang diberikan kepada peserta didik. Maka dengan dorongan dari pemerintah, kami berharap bisa dihubungkan dengan institusi terkait atau bahkan bisa dilibatkan dalam program Pemerintah yang sudah ada,” kata Gunawan. ■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.