Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Abrasi, PLN Peduli UIP JBB Tanam 5.000 Mangrove Di Desa Lontar Tangerang

Selasa, 1 November 2022 07:55 WIB
Foto: Dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat
Foto: Dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui program PLN Peduli Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP KBB) mendukung pelestarian alam, dengan penanaman 5.000 bibit mangrove yang disebar di areal Desa Lontar, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang.

Manager PLN UPP JBB 1, Arie Nugroho Ardianto mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan upaya normalisasi kawasan pantai di Lontar dan komitmen perusahaan dalam menjaga keseimbangan antara kegiatan mata pencaharian utama masyarakat Desa Lontar dengan kelestarian lingkungan.

"Kegiatan usaha dan alam perlu saling bersinergi agar memberi manfaat yang lebih besar, tidak hanya ekonomi tapi bagaimana lingkungan bisa melindungi aktivitas agar terhindar dari potensi abrasi yang bisa mengikis kualitas daratan di desa Lontar," ujarnya, melalui siaran pers, Senin (31/10).

Menurutnya, bantuan penanaman mangrove ini juga membuka lapangan kerja bagi lima orang warga desa. Mengingat, mangrove yang telah ditanam ini akan dikelola oleh warga Lontar.

Baca juga : Peduli Pesisir Pantai, PT IKPP Diganjar Penghargaan Pemkab Tangerang

"Dari desa mempekerjakan lima orang warga asli Desa Lontar untuk merawat mangrove yang telah ditanam agar tetap lestari,” katanya.

Sebelumnya, PLN juga telah memberikan berbagai bantuan melalui program PLN Peduli kepada warga Desa Lontar, yang berbasis pada pengembangan UMK (Usaha Mikro dan Kecil) sejak tahun 2018. Di mana bantuan terus diberikan, terlebih desa Lontar yang terletak di areal ring 1 infrastruktur ketenagalistrikan, yaitu PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Lontar.

"Hal ini menunjukkan, PLN hadir di tengah proses bisnis yang dijalankan, kami tetap memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitar dan lingkungan," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala desa Lontar, Dodi Rissi Slamet menjelaskan, penanaman mangrove perdana berlangsung pada Selasa (25/10) dengan menanam 1.500 bibit mangrove di areal lokasi PLTU Lontar.

Baca juga : KY Pantau Langsung Sidang Ferdy Sambo

"Kegiatan ini akan dilanjutkan secara bertahap di berbagai titik di Desa Lontar," ujarnya.

Ia menuturkan, secara demografi, Desa Lontar terletak di pesisir pantai di utara Kabupaten Tangerang.

Sebagian besar masyarakat Lontar, kata dia, memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Namun, mereka memiliki keresahan dengan abrasi yang terjadi di Lontar. Sebab, faktor alam seperti pasang surut air laut, angin di atas lautan maupun gelombang laut menerpa pantai menjadi abrasi dan mengikis sebagian daratan.

"Untuk itu, bantuan dari PLN Peduli berupa penanaman mangrove ini sangat menolong kami dalam meningkatkan kualitas ekosistem perairan, khususnya di pantai,” tuturnya.

Baca juga : DPR Desak Perpres 191 Tahun 2014 Direvisi

Ia mengucapkan, rasa syukur atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat Desa Lontar sehingga bisa membuka mata pencaharian, khususnya dalam mengelola mangrove.

“Semoga hal ini sangat bermanfaat untuk lingkungan di Desa Lontar. Terutama, untuk pemulihan abrasi dan khususnya bisa memproduksi oksigen yang lebih baik kepada warga masyarakat,” pungkas Arie. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.