Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ribuan Nelayan Di Rembang Terbantu BLT BBM

Rabu, 2 November 2022 19:03 WIB
Ilustrasi BLT BBM. (Foto: Ist)
Ilustrasi BLT BBM. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 1.947 orang nelayan di Kabupaten Rembang akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Kabupaten Rembang Sofyan Cholid menyampaikan, jumlah penerima bansos tersebut didapat setelah dilakukan verifikasi oleh Pemprov Jateng.

Calon penerima bansos semula ada 2.063 orang nelayan, namun setelah diverifikasi tinggal 1.947 orang, karena ada 118 nelayan tidak lolos, dengan berbagai faktor.

Baca juga : Puluhan Ribu Keluarga Di Solo Terbantu BLT BBM

“Tetapi setelah kita verifikasi ada hal-hal nelayan yang terdata tapi sudah meninggal dan ada kapalnya yang dijual sehingga terjadi pengurangan,” ungkapnya. 

Hal ini disampaikan dalam sosialisasi bansos BBM subsidi untuk nelayan dalam rangka pengendalian dampak inflasi, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Jateng periode III TA 2022, di aula lantai IV kantor bupati setempat, Rabu (2/11). 

Disampaikan, rencananya bansos subsidi BBM akan dicairkan dalam waktu dua hari, setelah kegiatan sosialisasi selesai. Bupati Rembang Abdul Hafidz menilai, bansos Subsidi BBM sangat tepat. Pasalnya, bantuan dalam bentuk solar, kecil kemungkinan disalahgunakan.

Baca juga : Nirgelar Di Prancis Terbuka, Ini Evaluasi PBSI

“Kami terima kasih kepada Pemprov Jawa Tengah, yang sudah membantu nelayan kita sejumlah 1.947 (orang) itu berbentuk solar. Tidak bisa dipakai yang lain, karena kartunya sudah berwujud solar,” beber Abdul. 

Disampaikan, pihaknya akan mem-back up nelayan yang belum masuk dalam daftar penerima bansos subsidi BBM dari pemprov.

“Sehingga Pemerintah Kabupaten Rembang akan meng-cover nelayan yang belum mendapat bansos melalui APBD Kabupaten. Jumlahnya sekitar 2.900 nelayan," tuturnya.

Baca juga : Hasto Nembak Terus

Bupati berharap, dengan adanya bantuan kepada nelayan, baik bansos dari pemprov maupun pemkab nantinya dapat menekan angka inflasi.

Berdasarkan data dari Dinlutkan Provinsi Jawa Tengah, lanjut bupati, pemprov menganggarkan bansos melalui bantuan tidak terduga, senilai Rp 4,7 miliar, sehingga para nelayan mendapat bantuan Rp 330 ribu. Anggaran tersebut dibagikan kepada 34.375 orang nelayan di Jawa Tengah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.