Dark/Light Mode

Dorong UMKM Berbasis Digital

BRI Kembali Luncurkan BRIncubator 2019

Selasa, 30 Juli 2019 14:48 WIB
Tampak pelatihan program BRIncubator. (Foto: Istimewa).
Tampak pelatihan program BRIncubator. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonedia (Persero) terus berupaya memodernisasi usaha kecil menengah. Melalui program BRIncubator, bank pelat merah ini menjadikan UMKM berbasis digital.  BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara digital. Rangkaian program ini memiliki misi 4G, Go-Modern, Go-Digital, Go-Online, dan Go Global. 

Nantinya, UMKM akan dimonitor perkembangannya selama program inkubasi ini berlangsung. Program ini sudah dilaksanakan BRI sejak 2018. Pada program BRIncubator 2019, kegiatan digelar sejak 22 Juli hingga 5 Agustus 2019 di kota Jakarta, Sidoarjo, Yogyakarta, Semarang, dan Denpasar.

Baca juga : Kembangkan UMKM, BRI Kembali Luncurkan BRIncubator di 2019

Pelaksanaan program BRIncubator berlokasi di Rumah Kreatif BUMN binaan BRI dan fokus untuk meningkatkan kapabilitas 100 UMKM di masing-masing kota. 

Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto mengungkapkan, BRI ingin fokus pada pemberian ruang dan pendampingan melalui fasilitas yang bisa mendorong kemajuan dan berdampak pada ekonomi lokal maupun nasional. Hingga Juni 2019, BRI telah menyelenggarakan sebanyak 2.998 pelatihan kepada 314.128 UMKM binaan. 

Baca juga : Kebocoran Minyak Pertamina, Kemenhub Turunkan Bantuan

Melalui program tersebut, kata Bambang, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dari seluruh pihak untuk memajukan UMKM Tanah Air. Program ini fokus kepada pelaku UMKM di sektor kuliner, fashion, kriya dan perdagangan yang bertujuan memodernisasi UMKM agar berbasis teknologi dan dapat menciptakan teknopreneur di seluruh pelosok Indonesia. 

“Selama rangkaian kegiatan inkubasi bisnis tersebut para UMKM akan selalu dimonitor perkembangannya,” kata Bambang dalam siaran persnya, kemarin. Agar para pelaku UMKM bisa mendapatkan nilai tambah yang signifikan, pelaksanaan BRIncubator juga menggandeng para pakar UMKM, baik lokal maupun nasional.

Baca juga : Sidang MK, Basuki: Jaga Pembangunan Infrastruktur

 “BRI berharap dengan program inkubasi, pelaku UMKM Indonesia dapat siap bersaing di kancah global pada era digital. Dengan pendampingan ini, sampai akhir tahun para pelaku UMKM diharapkan sudah bisa melakukan ekspor.” pungkas Bambang. [IMA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.