Dark/Light Mode

GoTo Komit Dorong Mitra UMKM Hadapi Tren Pasar & Digitalisasi

Jumat, 4 November 2022 18:36 WIB
Foto: Dok. GoTo
Foto: Dok. GoTo

 Sebelumnya 
Salah satu rangkaian kelas yang berjudul ‘Panduan Usaha: Pasar & Tren Industri Setelah Pandemi,’ KoMD 2022 berikan topik yang relevan dengan kondisi perekonomian nasional dan kebutuhan pelaku UMKM. Terutama dalam memanfaatkan platform digital untuk menganalisis tren pasar di masa mendatang, sekaligus memberikan produk dan jasa terbaik sesuai kebutuhan konsumen.

Director Consumer Insight NielsenIQ Indonesia Rusdy Sumantri menambahkan, adanya tren pasar dan industri setelah pandemi di 2022, pelaku UMKM harus lebih melek akan target konsumen dan pasar yang dituju.

Baca juga : Wacom Hadirkan Kanvas Digital

Dikatakan Rusdy, terdapat empat tren pasar dan industri yang perlu diketahui oleh pelaku UMKM. Pertama, Value Seeker, pelaku UMKM harus gencar dalam menyediakan berbagai jenis promo untuk menarik konsumen, karena saat ini konsumen lebih memperhatikan harga dalam membeli suatu produk.

Kedua, New online format, pelaku UMKM didorong untuk terus berinovasi dalam berjualan di berbagai channel online yang dimiliki. Ketiga, Assortment & Pricing, pelaku UMKM dapat menentukan produk yang tepat dalam berjualan di channel online maupun offline.

Baca juga : Moeldoko Jempolin Ketahanan UMKM Hadapi Krisis

“Hal ini dikarenakan adanya kecenderungan perbedaan basket size saat konsumen berbelanja online dan offline. Keempat, Omni channel, pelaku UMKM perlu memikirkan model bisnis yang dapat menghadirkan pengalaman seamless bagi konsumen,” ujar Rusdy. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.