Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moeldoko Jempolin Ketahanan UMKM Hadapi Krisis

Jumat, 28 Oktober 2022 18:42 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan pidato sambutan dalam acara Info Franchise and Business Concept Expo (IFBC) di Tangerang, Banten, Jumat (28/10).
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan pidato sambutan dalam acara Info Franchise and Business Concept Expo (IFBC) di Tangerang, Banten, Jumat (28/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengakui sekaligus mengapresiasi semangat para wirausahawan dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tetap tangguh di tengah situasi krisis finansial global.

"Dunia saat ini menghadapi resesi, inflasi tinggi dan pertumbuhan ekonomi menurun. Namun kita harus berbangga hati pada semangat UMKM dan para entrepreneur yang luar biasa, karena mereka Indonesia masih eksis. Pertumbuhan ekonomi kita masih bagus," ujar Moeldoko saat memberikan pidato sambutan dalam acara Info Franchise and Business Concept Expo (IFBC) di Tangerang, Banten, Jumat (28/10).

Moeldoko bangga terhadap semangat pelaku UMKM yang segera bangkit dari situasi terpuruk.

Baca juga : Moeldoko: Penanganan Konflik Sosial di Pulau Haruku Sudah Ada Kemajuan

"Survei dari Asian Development Bank (ADB) melaporkan bahwa sekitar 48,6 persen UMKM Indonesia tutup karena terdampak pandemi. Kita punya pengalaman krisis dan resesi tahun 1998, 2008 dan tahun ini, tapi satu hal yang selalu eksis, UMKM. Hari ini saya optimis, UMKM akan sepenuhnya segera kembali pulih," ujar Moeldoko.

Menurutnya UMKM memang berperan penting dalam menyokong ketahanan ekonomi domestik. Tidak hanya mampu menggerakkan ekonomi di daerah dan memaksimalkan penggunaan bahan baku lokal, UMKM juga menciptakan lapangan kerja padat karya.

Sektor UMKM yang jumlahnya mencapai 65,4 juta berdasarkan data nasional tahun 2021 terbukti mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia.

Baca juga : Menpora Jempolin Kasad Gelar Liga Santri

"Presiden Jokowi sangat paham bahwa UMKM jadi backbone perekonomian nasional. Oleh karenanya, saya harap acara-acara seperti IFBC ini tidak hanya menjadi pameran dan kesempatan promosi, tapi juga memberikan program edukasi, konsultasi bisnis dan literasi bagi para wirausahawan," pungkas Moeldoko.

Perlu diketahui, pemerintah terus memberikan dukungan penuh bagi sektor UMKM, khususnya di bidang pembiayaan. Pemerintah, misalnya, akan melakukan peningkatan pangsa kredit bagi UMKM, dari yang sebesar 20 persen di tahun 2022 secara bertahap akan ditingkatkan menjadi 30 persen di tahun 2024.

Selain itu, pemerintah juga membentuk holding BUMN dalam rangka pembiayaan ultra mikro, menyediakan kredit dengan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro dan memberikan subsidi bunga KUR menjadi 3 persen hingga Desember 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.