Dark/Light Mode

Manfaatkan Momentum G20

Telkom-Bio Farma Incar Peluang Ekspansi Bisnis

Rabu, 9 November 2022 07:30 WIB
Direktur Digital PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Fajrin Rasyid. (Foto: Instagram @fajrinrasyid).
Direktur Digital PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Fajrin Rasyid. (Foto: Instagram @fajrinrasyid).

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkom dan Bio Farma sudah ancang-ancang memanfaatkan perhelatan G20. Kedua perusahaan pelat merah itu sudah menyiapkan agenda untuk memperluas jaringan bisnis di level global.

Direktur Digital PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Fajrin Rasyid mengungkapkan, pandemi Covid-19 yang terjadi di dunia telah menciptakan kerja sama yang solid secara global untuk mempercepat penanganan pandemi.

“Pandemi telah memberikan dampak sangat besar, begitu juga bagi Telkom. Memang ada beberapa challenge, namun masih on the track karena memanfaatkan digital,” ujar Fajrin dalam acara Ngopi BUMN, bertema “Peran Strategis BUMN Di Perhelatan G20”, di Kementerian BUMN, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Lima Parpol Berpeluang Lagi Jadi Peserta Pemilu 2024

Fajrin menuturkan, berdasarkan proyeksi Temasek, ekonomi digital Indonesia akan terus tumbuh. Bahkan, menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dalam kurun waktu 10 tahun ke depan (2020-2030). Karenanya, Indonesia harus mengambil potensi yang ada, mengingat ada kenaikan ekonomi digital dari Rp 600 triliun menjadi Rp 4.500 triliun.

“Kita jangan hanya jadi penonton, atau penggunaan digital hanya sebatas untuk konsumsi media sosial. Harusnya bisa lebih dari itu. Makanya, literasi digital perlu diberikan kepada masyarakat,” katanya.

Ia mengaku, edukasi digital dan infrastruktur menjadi tantangan utama dalam mengoptimalkan digitalisasi. Termasuk menciptakan talenta-talenta digital.

Baca juga : Mode Perang Dinyalakan Di Laut Bali

Hal ini dirasakan oleh perusahaan startup (rintisan) di Indonesia. Menurutnya, para startup kesulitan mendapatkan SDM (Sumber Daya Manusia) seperti programmer sehingga tenaga kerja ini dipenuhi dari luar negeri.

Di samping itu, Telkom terus memperbesar peranannya yang kini tak hanya fokus pada infrastruktur digital. Tetapi juga menyasar bisnis di segmen digital platform dan digital service.

Ia mengatakan, pengembangan aplikasi-aplikasi akan terus dilakukan, baik yang akan digunakan untuk Pemerintah, swasta maupun masyarakat. Sehingga nantinya penggunaan digitalisasi bisa end to end.

Baca juga : Gaet Riyad Bank, BSI Perkuat Ekspansi Bisnis Global

Dia menuturkan, adanya event G20 bisa menjadi kesempatan BUMN untuk memperkenalkan terobosan dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan kepada masyarakat global.

Apalagi perseroan memiliki program inkubasi startup, yang diharapkan ke depannya akan terus tumbuh dan mampu menjadi perusahaan yang go public bila mendapatkan mitra atau investor yang tepat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.