Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bakti BUMN

PTPN III Kerek Daya Saing Dan Profesionalitas Guru

Rabu, 9 November 2022 18:35 WIB
Kegiatan Bakti BUMN untuk guru. (Foto: Ist)
Kegiatan Bakti BUMN untuk guru. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melalui program Bakti BUMN, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) ikut meningkatkan daya saing dan profesionalitas guru di wilayah Sumatera Utara.

Bakti BUMN untuk guru merupakan bentuk tanda jasa untuk para guru melalui pelatihan pendidikan profesi guru yang dilaksanakan oleh kolaborasi 48 BUMN. Kegiatan tersebut digelar secara serentak pada 11-12 Oktober 2022 di 6 lokasi yaitu: Jawa Barat, Sumatera Utara,  Sumatera Selatan, Lampung, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : Erick Pastikan, BUMN Beri Pelayanan Terbaik Untuk KTT G20

“Kegiatan ini sejalan dengan fokus utama program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL)  BUMN, dimana di dalamnya selain  terkait lingkungan  dan  UMKM, juga ada sektor pendidikan,” ujar Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani.

Dalam kegiatan ini, PTPN III bersama sejumlah BUMN lain yang menjadi PIC di wilayah Sumut, diberikan mandat untuk memberikan pelatihan pendidikan profesi guru kepada 200-500 peserta dan penggantian biaya ujian sertifikasi kepada 405 orang. “Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para guru agar siap dan matang menghadapi ujian  sertifikasi  profesi,” ujarnya.

Baca juga : Ketua Umum IMI Tantang Ducati Produksi Motor Listrik

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir dalam peluncuran Program Bakti BUMN untuk Guru beberapa waktu lalu menegaskan komitmennya terhadap dunia pendidikan Indonesia. "Guru adalah pahlawan bangsa yang tentunya harus memiliki tanda jasanya," ujarnya.

BUMN, lanjut Erick, menaruh perhatian kepada guru, salah satunya dengan bantuan terhadap sertifikasi guru sebagai penanda keseriusan untuk bersama terus meningkatkan kemampuan dalam sektor pendidikan, seiring kemajuan zaman dan perkembangan SDM Indonesia.

Baca juga : Bali United Gelar Sosialisasi Keamanaan Dan Keselamatan Ke Suporter

Kata Erick, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 1.000 guru di 6 provinsi yang hadir secara luring maupun daring. Menurutnya, program ini selaras dengan UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang mengamanatkan seluruh guru sebagai tenaga profesional, wajib memiliki  Sertifikasi Profesi Guru yang dilakukan melalui sertifikasi pendidikan profesi guru.

"Besar harapan sumbangsih Bakti BUMN untuk guru ini dapat turut mendorong optimalisasi potensi pendidik agar dapat mendampingi para siswa guna mewujudkan Indonesia yang maju, makmur, dan mendunia. Semoga guru-guru Indonesia dapat menjadi pendidik profesional demi kemajuan pendidikan Indonesia," tukas Erick.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.