Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2022

Gus Jazil Ingatkan Pentingnya Panduan Etika Dalam Bernegara  

Minggu, 13 November 2022 10:36 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid saat Festival Konstitusi dan Antikorupsi Tahun 2022 yang digelar di Kampus Universitas Tanjung Pura (Untan), Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) dari tanggal 11 hingga 13 November 2022. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid saat Festival Konstitusi dan Antikorupsi Tahun 2022 yang digelar di Kampus Universitas Tanjung Pura (Untan), Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) dari tanggal 11 hingga 13 November 2022. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seseorang memiliki jiwa Pancasila bila dirinya religius, manusiawi, humanis, adil, beradab, pemersatu, dan pro rakyat. Dalam bahasa kekinian sosok itu merupakan sosok yang kolaboratif, mampu mensinergikan antarsila yang ada di Pancasila.

Ungkapan ini disampaikan oleh Wakil Ketua MPR Dr. Jazilul Fawaid saat dirinya menjadi narasumber dalam talkshow yang bertema ‘Pulih dan Kuat Bersama Berdasarkan Pancasila, Konstitusi, dan Semangat Antikorupsi’.  

Talkshow yang digelar di Ruang Auditorium, Kampus Universitas Tanjung Pura (Untan), Kalimantan Barat (Kalbar), 12 November 2022, itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2022.

Baca juga : MPR Gelar Festival Konstitusi Dan Antikorupsi Di Untan

Dalam talkshow yang dihadiri oleh ribuan mahasiswa itu, selain Jazilul Fawaid, hadir menjadi pembicara adalah Ketua MK Anwar Usman, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak, dan Rektor Untan Prof. Dr. Garuda Wiko.   

Lebih lanjut Jazilul Fawaid mengatakan dirinya yakin mahasiswa Untan merupakan sosok yang memiliki jiwa Pancasila. "Saya yakin mahasiswa di sini memiliki jiwa yang kolaboratif untuk kemajuan bangsa dan negara," paparnya.

Hal demikian menurutnya harus dipertahankan bahkan perlu ditularkan. Nilai-nilai Pancasila ditegaskan oleh politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu harus diimplementasikan dan diinternalisasikan kepada seluruh komponen bangsa termasuk para pejabat negara.

Baca juga : Gus Halim Kampanyekan Peran Penting Perempuan dalam Pembangunan Desa

Diungkapkan, ada Ketetapan MPR Nomor VI Tahun 2001 Tentang Etika Kehidupan Berbangsa. Menurutnya ketetapan ini penting untuk ditegakan. Banyak hal yang diatur dalam tap itu. Ada etika-etika yang perlu dipegang saat menjalankan kehidupan politik, pemerintahan, ekonomi, dan bisnis. "Tap ini masih relevan," ujarnya Gus Jazil, sapaan akrabnya.

Etika yang perlu diimplementasikan dalam kehidupan itu seperti mengedepankan kejujuran, kesungguhan, bertanggungjawab, dan memiliki rasa malu. Meski ada tuntunan beretika dalam kehidupan berbangsa namun hidup dalam suasana yang penuh kejujuran, bertanggungjawab, dan memiliki rasa malu belum menjadi budaya birokrasi bangsa ini. 

Pun demikian, dalam etika berbisnis dan menjalankan roda ekonomi. Kegiatan bisnis dan perekonomian tidak boleh dikuasai oligarkhi dan tak boleh juga ada kesenjangan.  

Baca juga : Di Forum ASEAN, Mahfud Ingatkan Pentingnya Bangun Keamanan Kawasan

Ia membandingkan dengan kehidupan berpolitik di Jepang. Ada seorang menteri mengundurkan diri hanya karena dikritik oleh rakyatnya. Ia meski melakukan sesuatu kesalahan dari sudut pandang etika bukan hukum namun sudah mengundurkan diri. "Di Indonesia hal demikian belum terjadi," ungkapnya.

Untuk membangun watak yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dikatakan oleh Jazilul Fawaid, MPR saat ini gencar melakukan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang lebih sering disebut dengan 4 Pilar MPR.

"Setelah disosialisasi selanjutnya diinternalisasikan. Jadi Pancasila tidak hanya dihafalkan namun juga wajib dipahami dan diamalkan," tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.