Dark/Light Mode

Gelar Festival Pangan Lokal 2022, Pupuk Kaltim Tingkatkan Produksi Petani

Minggu, 13 November 2022 10:56 WIB
Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Foto: Dok. Pupuk Kaltim

 Sebelumnya 
Dia menambahkan, festival ini juga memberikan informasi mengenai histori dari makanan lokal yang ada. Wulandari berharap, dapat menghadirkan nuansa yang berbeda sehingga konsumen mengetahui sejarah dari panganan lokal tersebut.

Festival Pangan Lokal 2022 menampilkan aneka jenis makanan olahan tradisional berbahan baku hasil tanaman dari sawah dan kebun petani. Serta, aneka jenis tanaman pangan yang bisa ditanam di pot maupun di area lahan terbatas di perkotaan.

Baca juga : Gus Jazil Ingatkan Pentingnya Panduan Etika Dalam Bernegara  

Selama festival juga dihadirkan beragam hiburan yang bisa dinikmati masyarakat secara gratis. Antara lain, penampilan aneka kesenian tradisional yang terkait dengan ritual kesuburan.

"Biasanya, ini digelar menjelang bercocok tanam atau seusai masa panen. Nanti juga nggak ketinggalan, ada hiburan musik," ujar Wahyu.

Baca juga : Gus Jazil Ajak Tingkatkan Pemahaman Konstitusi Generasi Muda

Pada Sabtu (12/11), beragam kegiatan dilaksanakan di arena Festival Pangan Lokal 2022, mulai dari seremoni tumpengan hingga acara panggung kesenian yang diisi Soreng Ngablak, Lesungan Hari Genduk, Woro Mustiko, Roy Jeconiah hingga Pecas Ndahe.

"Hari ini, Minggu (13/11), akan digelar arak-arakan gunungan, lomba mewarnai anak, push bike racing for children, tur edukasi makanan tradisional hingga acara di panggung kesenian," pungkas Wahyu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.