Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bareng Wime

PT ABM Perkuat Peran Wanita Di Sektor Pertambangan & Energi

Kamis, 1 Agustus 2019 21:13 WIB
Foto bareng: Perwakilan ABM bersama asosiasi Woman in Mining & Energy (WIME) yang telah menggelar diskusi publik bertema Perempuan dan Akses Kepada Program Pemberdayaan Masyarakat
Foto bareng: Perwakilan ABM bersama asosiasi Woman in Mining & Energy (WIME) yang telah menggelar diskusi publik bertema Perempuan dan Akses Kepada Program Pemberdayaan Masyarakat

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ABM Investama Tbk (ABM) menilai, dalam sebuah perusahaan perempuan memiliki kesempatan yang sejajar dengan pria.

Presiden Direktur ABM Achmad Ananda Djajanegara mengaku, meski karyawan di sektor pertambangan yang dimiliki perusahaan kebanyakan adalah pria, tapi wanita tetap memiliki peran.

Bahkan di PT ABM perempuan ditempatkan di posisi penting. "Saat ini mayoritas karyawan kami masih lebih banyak laki-laki, namun beberapa posisi strategis di grup ABM dikelola oleh perempuan. Kami tidak membedakan gender dan mereka memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja di kantor maupun di-site," kata dia dalam keterangannya.

Penempatan posisi perempuan dalam perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan dan energi ini menunjukkan profesional karyawan tidak dibatasi gender.

Baca juga : Presiden Jokowi Sahkan Perjanjian Penerbangan Indonesia-Turki

"Ini membuktikan bahwa perempuan juga bisa berperan sebagai profesional tambang yang handal”, jelas Achmad.

ABM bersama asosiasi Woman in Mining & Energy (WIME) juga telah menggelar diskusi publik yang bertema Perempuan dan Akses Kepada Program Pemberdayaan Masyarakat.

Kegiatan yang digelar pada pekan lalu ini bertujuan untuk mewujudkan program pemberdayaan komunitas khususnya bagi para perempuan di sekitar wilayah tambang ABM beroperasi agar lebih mandiri dan berdikari.

Tema yang diangkat sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM No.41 Tahun 2016 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Baca juga : Jonan Minta Pertamina Tingkatkan Lifting Migas

Achmad menegaskan, ABM berupaya untuk memberikan nilai tambah terhadap komunitas perempuan di sekitar wilayah tambang.

“Salah satu misi ABM yakni secara aktif dapat terlibat dalam masyarakat sebagai warga korporat yang baik, kami mengajak komunitas yang berada di wilayah tambang khususnya perempuan untuk memasuki pekerjaan yang terkait dengan bidang STEM (Sains, Teknologi, Engineering/Teknik dan Matematika)," jelasnya.

Dalam struktur tatanan sosial di masyarakat, peran perempuan menjadi kunci keberlanjutan (sustainability). Menurutnya, Perempuan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan ekonomi khususnya di daerah sekitar wilayah tambang, sekaligus mewariskan nilai-nilai kearifan antar generasi.

Praktik di lapangan masih ditemukan tantangan terbatasnya akses perempuan dalam mendapatkan fasilitas pengembangan kompetensi secara mandiri, sehingga mengakibatkan program pemberdayaan seringkali berbentuk filantropi atau program jangka pendek yang kurang sesuai dengan kebutuhan perempuan. ABM sendiri merupakan perusahaan tambang dan energi terintegrasi.

Baca juga : Panglima TNI Bersama Dirut PertaminaTeken Kerja Sama Pengamanan Objek Vital

Saat ini mengoperasikan dua tambang di wilayah Aceh dan Kalimantan Selatan. ABM juga mengoperasikan mining value chain dari hulu ke hilir. Pihaknya terus berupaya dapat menjadi sarana pembelajaran terintegrasi bagi para tenaga kerja lulusan STEM melalui program pemberdayaan masyarakatnya, disamping STEM juga sebagai garda depan untuk menuju efisiensi operasi sebuah perusahaan. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :