Dark/Light Mode

Kunjungi Pupuk Kaltim

Sultan Kutai Kartanegara Anugerahi Rahmad Pribadi Gelar Raden Mas Pranata

Kamis, 17 November 2022 12:42 WIB
Sultab Kutai Kertanegara (kiri) saat menganugerahi gelar Raden Mas Pranata pada Dirut Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi (kanan).(Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Sultab Kutai Kertanegara (kiri) saat menganugerahi gelar Raden Mas Pranata pada Dirut Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi (kanan).(Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

 Sebelumnya 
"Kami harap kesinambungan dukungan Pupuk Kaltim agar eksistensi budaya adat Kutai di Kalimantan Timur ini bisa terus dipertahankan, dan semakin maju dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Sultan Adji Muhammad Arifin secara langsung melakukan penyematan tanda gelar Raden Mas Pranata kepada Rahmad Pribadi, yang secara khusus mengenakan pakaian adat Kutai sebagai simbol penghormatan. Serta, komitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam menjaga serta melestarikan adat budaya daerah.

Penyematan berlangsung di hadapan keluarga Kesultanan dan Manajemen Pupuk Kaltim, disaksikan pengurus Lembaga Adat Guntung dan Bontang Kuala. Sementara itu,

Baca juga : Kapolri: Jangan Takut Dan Ragu Lakukan Hal Terbaik untuk Masyarakat

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas gelar kehormatan Raden Mas Pranata yang diberikan.

Rahmad mengatakan, hal ini menjadi kebanggaan dan tonggak sejarah baru bagi Pupuk Kaltim, atas penerimaan warga Kutai terhadap keberadaan perusahaan sebagai bagian dari kerabat Kesultanan.

"Secara khusus, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas gelar yang telah diberikan. Ini kehormatan bagi Pupuk Kaltim yang telah disambut sebagai bagian dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura," ujarnya.

Baca juga : Airlangga Terima Priyadarshni Academy Global Award

Rahmad menilai, adat dan budaya daerah wajib dipertahankan sebagai identitas serta kebanggaan untuk diwariskan kepada generasi mendatang. Hal ini mendasari kontribusi Pupuk Kaltim terhadap kegiatan adat dan budaya di Kalimantan Timur, sebagai salah satu komitmen perusahaan yang terus dipegang melalui ragam dukungan yang diberikan.

Ke depannya, Pupuk Kaltim akan terus berupaya meningkatkan dukungan terhadap pelestarian adat budaya Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Mengingat, hal ini sejalan dengan misi perusahaan yakni memberi manfaat dan nilai tambah optimal bagi masyarakat.

“Termasuk meningkatkan kontribusi ekonomi, sebagai salah satu sasaran perusahaan dalam mendorong kesinambungan pembangunan daerah dan kemandirian masyarakat,” lanjut Rahmad.

Baca juga : Budaya Lokal Kutai Kartanegara Diyakini Bakal Mendunia

Dia berharap, kesinambungan dukungan dari Kesultanan bersama warga Kutai, agar perseroan dapat terus berkinerja baik dan mampu meningkatkan kontribusi dalam memajukan kebudayaan Indonesia, khususnya adat Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

“Dan yang paling penting adalah komitmen bersama untuk saling menjaga kelestarian bumi Katulistiwa yang kita cintai ini," pungkas Rahmad. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.