Dark/Light Mode

Kinerja Keuangan Bagus Dan Terus Tumbuh

Saham BTN Diramal Meroket

Jumat, 18 November 2022 07:30 WIB
Staf khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Mahendra Sinulingga. (Foto: Istimewa).
Staf khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Mahendra Sinulingga. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Bagi BTN, yang didorong untuk melakukan aksi tambah modal guna mensukseskan Program Satu Juta Rumah dan meningkatkan kredit. Untuk itu, BTN membutuhkan kapasitas permodalan yang jauh lebih besar,” kata Bhima kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sebenarnya, kata Bhima, banyak tujuan dari right issue. Yang jelas, aksi korporasi ini memang harus segera dilakukan BTN. “Karena sekarang momentum yang terbaik. Jangan ditunda sampai akhir 2023,” ingatnya.

Baca juga : Ketahuan Bekas Pakai, Tapi Kontrak Tak Bisa Dibatalkan

Terpisah, Analis MNC Sekuritas Tirta Widi Gilang Citradi mengatakan, saat ini harga saham BBTN berada di level Rp 1.530, jauh di bawah nilai fundamentalnya. Saham BTN merupakan saham bagus tetapi salah harga.

Menurut dia, label ‘salah harga’ ini mengacu kepada kinerja BTN yang terus melesat. BTN membukukan peningkatan laba bersih 50,1 persen dari Rp 1,51 triliun hingga kuartal III-2021 menjadi Rp 2,27 triliun sampai September 2022.

Baca juga : Komitmen Ganjar Pranowo Kembangkan EBT Telah Dirasakan Manfaatnya Oleh Warga

Dia pun memuji beberapa pekerjaan rumah BBTN yang sudah berhasil diatasi dengan baik. Seperti rasio likuiditas (Loan to Deposit Ratio/LDR), pembiayaan bermasalah (Non Performing Loan/NPL) dan peningkatan porsi dana murah (Current Account Saving Account/CASA) sehingga mampu menekan cost of fund.

“Dengan fundamental yang kokoh dan indikator yang membaik, kami tetapkan target price Rp 2.200,” ujarnya.

Baca juga : Begini Tantangan Skuad Persib Saat Liga 1 Berhenti

Sebagai informasi, pada penerbitan saham baru ini, BTN menargetkan dana Rp 4,13 triliun. Dengan rincian, Rp 2,48 triliun merupakan Penyertaan Modal Negara (PMN), sisanya sekitar Rp 1,65 triliun dari pemegang saham publik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.