Dark/Light Mode

Bos Kadin: Perempuan Berperan Penting Dalam Pemulihan Ekonomi Global

Sabtu, 19 November 2022 18:58 WIB
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Ist)
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, perempuan berperan penting dalam pemulihan ekonomi global.

Menurut Arsjad, hal itu senada dengan pesan kesetaraan gender yang disuarakan oleh Bintang The Princess Diaries, Anne Hathaway dalam Forum B20, yang menyerukan perempuan pada posisi strategis dalam pertumbuhan dan pemulihan ekonomi.

Baca juga : Di KTT APEC, Jokowi Tekankan Pentingnya Kerja Sama Sebagai Solusi Tantangan Global

"Perempuan berada dalam setiap pusaran kehidupan dan memegang peranan penting, sekalipun nampak tidak kelihatan. Namun B20 telah membuatnya menjadi lebih jelas karena peran penting perempuan itu akan semakin disadari melalui gerakan bersama dan membuat perempuan menjadi lebih nyaman mengekspresikan dirinya sebagai subjek dalam pemulihan global," ujar Arsjad dikutip dari Antara, di Jakarta, Sabtu (19/11).

Arsjad mengatakan, keresahan terkait kesetaraan gender yang mencuat cukup kuat pada forum B20 terjawab dengan hadirnya inisiatif global woman empowerment. Inisiatif tersebut melibatkan organisasi perusahaan global yang bertujuan memfasilitasi inklusi perempuan dalam pusaran ekonomi, melalui berbagai pendampingan, pelatihan, pendanaan, dan pemberdayaan komunitas.

Baca juga : Jokowi Paparkan 2 Sektor Yang Bisa Dorong Pemulihan Global

Di sisi lain, Arsjad juga mengingatkan, dalam konteks Indonesia dan negara-negara berkembang, B20 yang memprioritaskan UMKM dalam rantai pasok perdagangan global juga secara langsung akan berdampak pada upaya mengangkat peran perempuan ke level yang lebih tinggi karena sebagian besar UMKM di Indonesia melibatkan perempuan. 

"Dengan memperbaiki nasib UMKM, perempuan akan memiliki ruang yang lebih leluasa untuk memegang peranan kunci dalam perekonomian. Sudut pandang terhadap peran perempuan akan drastis berubah. Kita tidak lagi butuh tiga abad, tetapi mulai dari sekarang," kata Arsjad.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.