Dewan Pers

Dark/Light Mode

All Time Record 800 Juta Wisnus Terpenuhi

Luhut Tantang Sandi Cetak 1,4 Miliar Turis Lokal

Sabtu, 19 November 2022 18:56 WIB
Menteri Parekraf Sandiaga Uno. (Foto: Ist)
Menteri Parekraf Sandiaga Uno. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, target jumlah pergerakan wisatawan domestik Indonesia atau wisnus, telah melampaui puncak tertinggi atau ‘all time record’ pada tahun 2022 ini.

Pencapaian itu, menurut Sandiaga Uno, sangat membanggakan karena justru dicapai dalam masa pandemi.

“Tahun ini, kita memecahkan ‘all time record’ dengan lebih dari 800 juta pergerakan wisatawan domestik,” ujar Sandiaga dalam acara “Tempo Economic Forum 2023: Strengthening Economic Resilience Against the Threat of a Global Recession” yang berlangsung di Graha Sawangan, Hotel Hilton Bali Resort, Bali, Jumat, (18/11).

Berita Terkait : Transpark Juanda Cocok Buat Milenial

Sandiaga Uno pun optimis terhadap perkembangan sektor pariwisata bagi Indonesia, meski di tengah bayang-bayang resesi ekonomi global.

“Ke depannya kita akan melihat pemulihan ekonomi yang kuat di bidang pariwisata, khususnya untuk pariwisata domestik,” ujar Sandiaga Uno.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menantang Sandiaga Uno untuk menaikkan target pergerakan wisatawan domestik di tengah ancaman resesi global 1,4 miliar orang.

Berita Terkait : Kejagung Tagih Uang Pengganti Rp 119 Miliar Plus 2,9 Juta Dolar

Kendati harus mencapai angka kunjungan turis hampir dua kali lipat dari tahun ini, Sandiaga optimistis dapat meraihnya. Terutama karena Covid-19 sudah terkendali dengan kian masifnya vaksinasi.

Tempo Economic Forum sendiri digelar untuk membahas isu-isu ekonomi saat ini dan masa mendatang untuk memastikan kestabilan dan ketahanan perekonomian Indonesia.

Forum ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan masukan bagi para pemangku kepentingan serta masyarakat. ■