Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Proyeknya Digeber Biar Nggak Molor

Insya Allah, KA Cepat Kerek Ekonomi Jabar

Selasa, 22 November 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) segera diselesaikan dengan baik. Diharapkannya, transportasi massal tersebut dapat menjadi pemantik pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia) Pusat Djoko Setijowarno menilai, pelaksanaan uji coba dinamis kereta cepat, Rabu (16/11), disaksikan dua kepala negara, yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China, Xi Jinping, memiliki dampak positif.

Pesan uji coba itu, kata dia, Pemerintah memiliki komitmen kuat untuk merampungkan proyek tersebut, meski terdapat sejumlah kendala dalam proses pengerjaannya.

Baca juga : Buka Raker IKAFEB Trisakti, Bamsoet Ajak Antisipasi Ancaman Krisis Ekonomi Global

“Sisi positif (uji coba) bahwa proyek ini harus tetap diselesaikan pekerjaannya, jangan sampai mangkrak. Harus bisa termanfaatkan,” ujar Djoko saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Selain sinergi antara Pemerintah, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan pihak terkait lainnya, ia mengimbau Pemerintah Daerah (Pemda) memberikan dukungan.

Salah satunya, sambung dia, menyediakan aksesibilitas dari dan menuju stasiun-stasiun kereta cepat.

Baca juga : Di UGM, Menteri ATR Bicara Ancaman Krisis Ekonomi Global

Hal ini penting untuk menunjang pergerakan masyarakat yang ingin memanfaatkan moda transportasi tersebut. Apalagi, Pemerintah menargetkan proyek KCJB selesai dan mulai beroperasi tahun depan.

“Kalau ini bisa selesai tepat waktu, pasti akan mulai ada pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar,” kata dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Katholik Soegijapranata itu.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir melalui akunnya @erickthohir memberikan dukungan kepada para pekerja agar bisa cepat menyelesaikan pembangunan kereta cepat.

Baca juga : Gernas BBI Kerek Ekonomi Pedesaan

Ia meminta BUMN yang terlibat dalam pembangunan KCJB, bisa bekerja dengan maksimal.

Sebab, dengan terealisasinya pembangunan kereta cepat akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Jabar.

“Ini merupakan simbol kerja sama antar dua negara. KCJB membuktikan, bagaimana kami di BUMN, serius membangun pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Khususnya pada hal ini, kita ingin berkontribusi bagi Indonesia, bagi Jawa Barat,” ucap Erick dikutip dari akun instagramnya, Jumat (18/11).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.