Dark/Light Mode

10 Tahun, CIMB Niaga Konservasi 49.400 Bambu

Kamis, 1 Desember 2022 09:52 WIB
Foto: Dok. CIMB Niaga
Foto: Dok. CIMB Niaga

 Sebelumnya 
Dari sisi ekologi bambu memiliki keunggulan dan dampak positif untuk meningkatkan kualitas penyerapan air, menjadi penyerap karbon (C02) dan memproduksi oksigen (O2), sehingga dapat menjadi solusi dalam upaya mitigasi untuk mengatasi perubahan iklim.

“Selain itu, bambu mudah ditanam dan memiliki pertumbuhan yang cepat, serta tidak membutuhkan perawatan khusus,” jelas Pande.

Baca juga : 50 Tahun, Indomie Hadirkan Inspirasi Ragam Masakan Indonesia

Ia menambahkan, bambu memiliki manfaat yang besar baik secara ekologis bagi lingkungan maupun ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Banyak produk turunan dari bambu yang bisa mendatangkan nilai ekonomi yakni rebung kulit, rebung kupas, rebung iris, slice rebung, rebungbtqbah kering, rebung pikel, tepung rebung tabah, teh daun bambu sachet, asap cair, fooee grade, fumigasi, arang, briket, sabun dan sampo arang bambu, dan pupuk pelepah rebung.

Baca juga : Jelang Akhir Tahun, PNM Raih 2 Penghargaan Internasional

“Seluruh bagian bambu bisa dimanfaatkan baik itu untuk pangan dan industri produk bambu,” tegasnya.

Dari sisi ekologi bambu memiliki keunggulan dan dampak positif untuk meningkatkan kualitas penyerapan air, menjadi penyerap karbon (C02) dan memproduksi oksigen (O2), sehingga dapat menjadi solusi dalam upaya mitigasi untuk mengatasi perubahan iklim. Selain itu, bambu mudah ditanam dan memiliki pertumbuhan yang cepat, serta tidak membutuhkan perawatan khusus.

Baca juga : Gelar Program Beasiswa, CIMB Niaga Fasilitasi 1.175 Mahasiswa

“Mudah penanamannya, sekali tanam, lebih dari 100 tahun termanfaatkan dan dapat tumbuh pada lahan yang sangat kritispun,” sebut Pande.

Di Bali, bambu sangat dibutuhkan masyarakat Bali untuk keperluan adat, pasalnya mulai dari lahir hingga meninggal, masyarakat Bali membutuhkan bambu. Saat ini di hutan bambu di Bali ada 40 jenis bambu yang di taman di lahan sekitar 40 hektar (ha).■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.