Dark/Light Mode

Dukung Inovasi Berkelanjutan, Pupuk Kaltim Borong Prestasi Di TKMPN 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 20:28 WIB
Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Foto: Dok. Pupuk Kaltim

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Inovasi PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali memborong berbagai penghargaan, pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVI di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 21-25 November 2022.

Vice President (VP) Inovasi Pengembangan Manajemen (Inbangmen) Pupuk Kaltim, Dian Wahyu Pratama mengatakan, pihaknya secara rutin terlibat di ajang TKMPN guna mengukur efektivitas pengelolaan ide dan inovasi. Khususnya, dalam mendukung komitmen perusahaan untuk peningkatan mutu produksi dan efisiensi secara berkesinambungan.

Hal ini sekaligus menunjukkan komitmen seluruh insan Pupuk Kaltim, untuk terus mengembangkan inovasi melalui pemanfaatan teknologi dalam mencapai efisiensi yang signifikan. Serta, berorientasi pada pengembangan Industry 4.0 yang juga diterapkan perusahaan secara berkesinambungan.

"Pengembangan inovasi terus kami galakkan, serta aktivitas lain yang memberikan dampak langsung ke masyarakat. Jadi melalui TKMPN, kita bisa mengukur sejauh mana efektivitas inovasi tersebut untuk dikembangkan lagi ke depannya,” ujarnya, melalui keterangannya, Sabtu (3/12).

Baca juga : Inflasi Melandai, Momentum Bagus Jelang Nataru 2023

Ia menuturkan, di ajang ini, tiap tim yang berpartisipasi mempresentasikan berbagai terobosan dan inovasi yang berhasil dicapai satu tahun terakhir.

Yakni, mulai dari efektivitas proses produksi, peningkatan performa perangkat pabrik, hingga jasa pelayanan dan perbaikan dengan nilai efisiensi mencapai miliaran rupiah. Karenanya, dari 10 gugus yang terlibat, pihaknya meraih 5 Platinum dan 4 Diamond sebagai predikat tertinggi, serta satu Excellent Financial Performance.

Ia merinci, predikat Platinum diraih oleh GKM Lipat, GKM FFG, PKM Consyst, PKM Kecubung Emas dan PKM PPLH. Sementara, predikat Diamond diraih PKM Maintex yang sekaligus menerima penghargaan Best Performance, lalu PKM I-Weld, GKM Simogen dan GKM Metalist. Sedangkan, Excellent Financial Performance diraih tim PKM QSI Energize.

"Inovator Pupuk Kaltim bersaing dengan ratusan inovasi lainnya se-Indonesia, yang diikuti 1.503 peserta dari 393 Tim, yang berasal dari 129 Perusahaan," ujarnya.

Baca juga : Erick Dorong Peningkatan Kolaborasi Berkelanjutan PNM dengan BUMN Lain

Tak hanya itu, capaian Pupuk Kaltim dalam gelaran ini makin mengukuhkan Prestise Pupuk Kaltim sebagai Industry Leader tanah air, yang dinilai mampu meningkatkan performa perusahaan dengan mengedepankan inovasi serta efisiensi dan efektivitas di segala bidang.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengungkapkan, berbagai inovasi yang meraih penghargaan TKMPN XXVI membuktikan konsistensi Pupuk Kaltim terhadap pengembangan mutu produksi dan efisiensi.

Hal ini sejalan dengan semangat Perusahaan untuk beroperasi dalam kerangka kerja berbasia Environment, Social and Governance (ESG). Bahkan, Direksi dan Manajemen Pupuk Kaltim terus memberikan dukungan dengan memfasilitasi para inovator melalui ajang kompetisi terbuka, mulai dari internal perusahaan melalui Pupuk Kaltim Innovation Award (PIA) setiap tahun.

"Tujuannya, untuk melahirkan beragam tools dan metode kerja baru dengan berbagai keunggulan," katanya.

Baca juga : Dukung Pemulihan Ekonomi, Pemkot Bontang Apresiasi Festival UMKM Pupuk Kaltim 2022

Tim dan ide terbaik mendapat kesempatan mewakili perusahaan di tingkat nasional hingga internasional.

Ia menilai, kontribusi dari tiap inovasi pun memberi dampak signifikan terhadap perusahaan, dibuktikan dari nilai efisiensi yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga, mampu menyelamatkan perusahaan dari berbagai potensi risiko dan kerugian menjamin keberlanjutan ekosistem bisnis perusahaan serta lingkungan.

Ia optimistis, perseroan mampu mempertahankan kinerja positif dalam jangka panjang melalui dukungan inovasi di segala bidang.

"Ini untuk meningkatkan kontribusi terhadap sektor ketahanan pangan melalui penyediaan pupuk berkualitas dan kelangsungan usaha dan eksistensi Pupuk Kaltim di pasar Global," pungkas Rahmad. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.