Dark/Light Mode

Pupuk Indonesia Jadi Holding BUMN Pertama Raih Penghargaan Indi 4.0

Rabu, 7 Desember 2022 19:56 WIB
Foto: Dok. Pupuk Indonesia
Foto: Dok. Pupuk Indonesia

 Sebelumnya 
Selanjutnya, PT Petrokimia Gresik meraih penghargaan pada kategori Rintisan Teknologi Industri Tahun 2022, dengan judul berkas Peningkatan Produksi H2SiF Pabrik Asam Fosfat HDH (Hemi-DiHydrate). Lalu, PT Pupuk Kalimantan Timur dengan judul berkas Maintex – Sistem Asset Wellness Pupuk Kaltim.

Selain itu, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang meraih dua apresiasi di kategori Rintek tahun 2022 dengan judul berkas Produk NPK 17-6-25 Spesifik Singkong, serta berkas Meningkatkan Keandalan Pabrik dengan Aplikasi APeM.

Di kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi, Andi Rizaldi menjelaskan, ada sebanyak 52 perusahaan yang mengusulkan untuk mendapat apresiasi INDI 4.0 Tahun 2022. Namun, berdasarkan hasil penelitian dan seleksi, ditetapkan 31 perusahaan sebagai penerima INDI 4.0 Award.

Baca juga : Indonesia-Selandia Baru Bahas Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Penghargaan itu dikelompokkan ke dalam tujuh kategori, yaitu Agile Organization, Sustainable Technology, Supply Chain Management, Human Capacity Building, Product & Service, Aggressive Digitalization, serta Smart Factory. Dari 31 perusahaan yang mendapat INDI 4.0 Award, sambung dia, ada 14 perusahaan dalam pembinaan Direktorat Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil.

Sedangkan, sebanyak 10 perusahaan dalam pembinaan Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi & Elektronika. Lalu, sebanyak enam perusahan di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Industri Agro, dan satu perusahaan di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka.

“Anugerah INDI 4.0, ditujukan sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah atas pencapaian transformasi industri 4.0 yang telah dilakukan perusahaan industri untuk meningkatkan daya saing industri nasional,” ungkap Andi.

Baca juga : Thomas Doll Puas Persija Masuk 3 Besar

Sementara untuk Lighthouse Industri 4.0 di Indonesia, Andi menjelaskan, ini merupakan apresiasi kepada perusahaan yang mampu menjadi contoh atau role model bagi industri lainnya, dalam transformasi dan implementasi IR 4.0. Tujuannya, untuk mendorong dampak perekonomian, operasional dan teknologi.

Andi  menambahkan, penerima penghargaan juga merupakan perusahaan yang mampu bertindak sebagai suar untuk memandu industri lainnya dalam penerapan teknologi terkait IR 4.0. Seperti kecerdasan buatan, manufaktur aditif dan analitik canggih, serta mengatasi tantangan dalam meningkatkan sistem produksi yang ada.

Sedangkan untuk Rintek Tahun 2022, sambung dia, ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada pelaku industri nasional atas upaya dan dedikasinya dalam menghasilkan rintisan teknologi industri secara mandiri.

Baca juga : Promosikan Pendidikan Kanada Di Unhas

Sekjen Kementerian Perindustrian, Dody Widodo turut mengapresiasi, seluruh pelaku industri nasional yang meraih penghargaan INDI 4.0 Award, National Lighthouse Industry 4.0, dan Rintisan Teknologi Industri (Rintek) Tahun 2022.

Saat ini, Pemerintah sedang memacu industri agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri, melalui kebijakan dan program yang berpihak kepentingan dalam negeri akan dioptimalkan. Sehingga, dibutuhkan dukungan semua stakeholder termasuk pelaku usaha dan akademisi. Dengan demikian, pemulihan ekonomi nasional akan berjalan lebih cepat.

"Dengan bangga membeli (produk) buatan Indonesia, menggunakan buatan Indonesia dan gunakan kandungan lokal Indonesia. Maka, kita akan semakin mencintai produk sendiri dan menjadi bangsa yang mampu bersaing di pasar global,” pungkas Dody. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.