Dark/Light Mode

Getol Dorong BUMN Buka Lapangan Kerja, Erick Thohir Jadi Menteri Terbaik

Jumat, 9 Desember 2022 16:06 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei nasional Poltracking Indonesia menempatkan Menteri BUMN Erick Thohir, sebagai salah satu menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi.

Terkait hal tersebut, Pengamat dari Pusat Studi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Syamsul Anam mengatakan, persepsi positif masyarakat sejatinya tak lepas dari sejumlah gebrakan yang dilakukan Erick tersebut terhadap BUMN.

Mantan Presiden Inter Milan itu dinilai berhasil menepis keraguan publik terhadap BUMN.

Berkat transformasi.menyeluruh, Erick berhasil memperbaiki kinerja BUMN secara signifikan.

"Keberpihakan BUMN dalam mendorong bangkitnya UMKM dan merangsang penyediaan lapangan kerja adalah langkah besar, di tengah keraguan publik atas performa BUMN," ujar Syamsul, Jumat (9/12).

Menurutnya, perbaikan kondisi BUMN berdampak besar dalam meningkatkan kontribusi terhadap negara dan masyarakat.

Baca juga : Laba BUMN Meroket, Bukti Transformasi Ala Erick Thohir Hasilkan Prestasi

Kinerja BUMN yang meningkat, berpengaruh positif terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta pembukaan lapangan kerja.

Dalam tiga tahun terakhir, BUMN telah menciptakan lapangan kerja bagi 45 juta orang, antara lain melalui program BRI sebanyak 32,7 juta orang.

Di samping membuka 13 juta lapangan kerja melalui program PNM Mekaar, serta melibatkan 160 ribu petani dalam program Makmur.

"Langkah Pak Erick dalam menciptakan lapangan kerja, merupakan hal yang patut diapresiasi di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi," ujar Syamsul.

Dampak meningkatnya performa BUMN, tak hanya tercermin pada sektor UMKM dan pembukaan lapangan kerja. Perubahan tata kelola BUMN yang jauh lebih sehat dan profesional, juga tergambar dengan jelas.

Pengelolaan BUMN yang profesional terbukti meningkatkan peran dan pelayanan BUMN kepada publik.

Baca juga : Pengamat: Dukungan BUMN Genjot Pembukaan Lapangan Kerja UMKM

"Publik juga memberikan sentimen positif atas konsolidasi vertikal dan horizontal bisnis dan manajemen BUMN. Inipatut diapresiasi," tutur Syamsul.

Dia berharap, Erick mampu meneruskan tren positif dalam mendorong peningkatan kontribusi BUMN terhadap sektor lain, termasuk pendidikan.

Mendorong BUMN bekerja sama dengan institusi pendidikan, merupakan hal yang perlu terus ditingkatkan ke depan.

"BUMN perlu ikut memperkuat kehadiran dan berkolaborasi dengan dunia pendidikan, jika ingin penetrasi lebih dalam. Terutama, memberikan konten pada lanskap Merdeka Belajar Kampus Merdeka," papar Syamsul.

Untuk diketahui, hasil survei nasional Poltracking Indonesia pada Kamis (8/12) mencatat, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Erick mencapai 59,4 persen.

Tertinggi kedua setelah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang ada di angka 61,4 persen.

Baca juga : Relawan Balad Erick Thohir Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

Menteri lain, skornya di bawah 55 persen.

Survei nasional Poltracking Indonesia digelar pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Survei ini melibatkan 1.220 responden dengan margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Klaster survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional, berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir. Sementara stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih.

Hasil survei juga memberikan gambaran terkait peningkatan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo- Ma’ruf Amin yang mencapai 73,2 persen. Angka itu bergerak naik dari Mei (59,6 persen), Agustus (66,2 persen) dan November (73,2 persen). â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.