Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rakernas PUAN Dukung Erick Thohir Jadi Cawapres Dari PAN

Kamis, 10 November 2022 09:27 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir, ketika membaur dengan masyarakat. (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir, ketika membaur dengan masyarakat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Menteri BUMN Erick Thohir mencuat dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perempuan Amanat Nasional (PUAN) di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (9/11) malam.

Erick yang mengenakan batik berwarna biru, duduk di antara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto.

Dalam Rakernas tersebut, PUAN mengusulkan PAN untuk mengusung Erick sebagai calon wakil presiden (Cawapres) di Pemilu 2024. 

Terkait hal tersebut, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas, menyatakan siap menampung aspirasi dari para PUAN, yang bersepakat mendukung Erick sebagai Cawapres 2024.

Zulhas mengaku memiliki kedekatan khusus dengan Erick, yang juga mantan Presiden Inter Milan.

"Memang, saya dekat dengan Erick. Pak Erick kan teman saya, satu kampung juga, ya sudah seperti keluarga," ujar Zulhas.

Baca juga : Terinspirasi Pahlawan Jabar, Aher Siap Jadi Cawapres

Sementara itu, Ketua Umum PUAN Intan Fauzi mengatakan, agenda Rakernas PUAN memiliki prioritas dalam pembahasan pemenangan PAN untuk Pemilu 2024.

"Bagaimana cara kita memenangkannya? Tentu dengan target PAN mencapai 64 kursi. Insya Allah, perempuannya itu tidak kurang dari 30 persen ya," ucap Intan.

Rakernas PUAN juga dihadiri Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sigit Purnomo atau Pasha, dan Uya Kuya.

Dukungan PUAN kian menguatkan sinyal PAN, untuk mendaulat Erick sebagai calon orang nomor dua di negeri ini.

Sebelumnya, sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) memasukkan nama Erick, sebagai salah satu bakal Capres dan Cawapres di Pilpres 2024.

DPW PAN Bali, misalnya. Mereka mengusulkan enam nama, termasuk Erick Thohir, sebagai bakal Capres.

Baca juga : Amir Faisal: Eksekusi Strategi BUMN Ala Erick Thohir Tepat Sasaran

Keenam nama itu ditetapkan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPW PAN Bali, Selasa (28/6).

DPD PAN Kota Banjar, Jawa Barat, juga memasukkan nama Erick Thohir sebagai salah satu bakal Capres yang akan mereka usulkan ke DPW PAN Jawa Barat.

Sementara Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto juga menyebut, nama Erick masuk dalam daftar bakal Capres atau Cawapres PAN yang berasal dari luar partai.

"Kalau di luar internal, ada Ganjar, Anies, Erick. Nah ini yang mesti kita ramu. Kan nggak mungkin kita usung semua. Ujungnya, pasti satu capres, satu cawapres," kata Yandri.

Menanggapi hal ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi acara Rakernas PUAN. Menurutnya, itu adalah wujud keberpihakan PAN terhadap perempuan.

"Acaranya bagus, karena PAN sangat peduli pada gerakan perempuan. Jumlah perempuan mencakup 134 juta dari total penduduk Indonesia (dari total 270 juta, Red). Dari jumlah itu, yang berusia di bawah 15 tahun ada 32 juta, dan 102 juta di atas 15 tahun," tutur Erick, usai acara Rakernas PUAN.

Baca juga : Erick: Saya Tidak Geer

"Artinya, perlu ada pergerakan dan perlindungan untuk para perempuan," imbuhnya.

Dia meyakini, PAN bisa menjadi partai terdepan yang melindungi perempuan dalam isu-isu mengenai kesehatan ibu dan anak, pendidikan, kesetaraan gender, hingga kesempatan bekerja.

"Ini jadi potensi yang luar biasa. Apalagi faktanya, 51 juta perempuan adalah kaum produktif, 29 persen di antaranya usahawati, 24 persen bergerak di pertanian, 21 persen bekerja produktif di usaha pabrik  dan lain-lain," papar Erick.

"Perlindungan terhadap mereka harus dilakukan. Dalam perjuangan PAN dengan PUAN-nya, saya siap mendampingi dan mengawal," imbuhnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.