Dark/Light Mode

Ekspor Capai Rp 1,1 T, Kalbar Gelar Pesta Panen Gernas BBI

Jumat, 9 Desember 2022 21:46 WIB
Pesta Panen UMKM Gernas BBI Kalbar (Foto: Istimewa)
Pesta Panen UMKM Gernas BBI Kalbar (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penghujung 2022 menjadi momen berharga dari langkah besar Kalimantan Barat mendorong pengusaha UMKM, industri kecil dan menengah, serta artisan untuk bisa menembus kancah global. Langkah besar ini bernama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Barat. 

Di bawah arahan Kementerian BUMN sebagai manajer kampanye program yang mengusung tema #CorakCorakKalbar - Membangun UMKM Kalbar Go Global, BNI dan tujuh Rumah BUMN melakukan pelatihan dan pendampingan pengusaha UMKM. Menteri Erick Thohir menegaskan, komitmen seluruh BUMN sebagai aset milik negara untuk turut serta membangun perekonomian Indonesia.

Baca juga : Kajati Kalbar Ultimatum Pengusaha Jangan Rugikan Negara

“Keberadaan kami memang untuk membangun negeri ini. Kami sepenuhnya menyadari bahwa tulang punggung perekonomian bangsa ini justru berada di punggung para pengusaha UMKM. Jadi, untuk membangun Indonesia, penting untuk memastikan pengusaha UMKM ini mampu menjalankan usahanya tanpa halangan berarti,” ucap Erick.

Komitmen Kementerian BUMN ini dibuktikan dengan berbagai capaian dari Gernas BBI Kalbar. Gernas ini turut mendukung penyaluran kredit digiKU Kalimantan Barat sebesar Rp 200 miliar selama periode Agustus-Oktober 2022. Lalu, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke lebih dari 75.000 UMKM di Kalbar dengan total nilai mencapai lebih dari Rp 4,26 triliun sepanjang Januari-November 2022. Selama periode yang sama, ada tujuh UMKM eksportir asal Kalbar dengan catatan transaksi mencapai lebih dari Rp 1,1 triliun.

Baca juga : Menpora Jempolin Kasad Gelar Liga Santri

Nilai fantastis didapat berkat adanya pelatihan dan pendampingan yang masif. Setidaknya ada 1.900 pengusaha UMKM mengikuti pelatihan bersama Mitra BUMN dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). 

Atas keberhasilan itu, digelar Pesta Panen UMKM Gernas BBI Kalbar, di Pelataran Rumah Radakng, Pontianak, 9-10 Desember 2022. Layaknya pesta usai panen, acara digelar meriah dengan menghadirkan para UMKM juara yang memperkenalkan produknya di pasar rakyat selama gelaran harvesting tersebut.

Baca juga : Satgas Yonif R 321/GT Kostrad Gelar Papua Bebas Stunting

SEVP Operasional BNI Fauzi menerangkan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pembinaan UMKM di Kalimantan Barat. Salah satunya dengan kegiatan yang kita lakukan hari ini. “Selain itu, kami akan terus melakukan pendampingan Rumah BUMN di bawah binaan BNI yang tersebar pada 29 Rumah BUMN,” ucapnya.

Tak hanya itu, semangat dan keceriaan juga ditebar ke seluruh masyarakat dengan menghadirkan hiburan dari penyanyi lokal kenamaan. Ada Before Midnight dan Star Girl, serta tarian tradisional yang dipadu gerakan modern kontemporer dari Sanggar Mandala. Puncak keceriaan menghadirkan Ada Band.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.