Dark/Light Mode

Tugu Insurance Gencar Lakukan Literasi Keuangan Ke 6 Kampus

Jumat, 9 Desember 2022 22:55 WIB
webinar #Temansuransi” dengan mengusung tema ‘Yuk Persiapkan Karier dan Kelola Keuangan Lebih Matang’, Jumat (9/12).
webinar #Temansuransi” dengan mengusung tema ‘Yuk Persiapkan Karier dan Kelola Keuangan Lebih Matang’, Jumat (9/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) bekerja sama dengan Dewan Asuransi Indonesia (DAI) mendukung peningkatan literasi keuangan di Indonesia dengan menggelar acara webinar #Temansuransi” dengan mengusung tema ‘Yuk Persiapkan Karier dan Kelola Keuangan Lebih Matang’. 

Kegiatan ini tentunya memuat literasi keuangan yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait pengelolaan keuangan serta edukasi mengenai persiapan karir bagi mahasiswa, khususnya dalam dunia asuransi yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan bagi generasi muda yang juga sebagai generasi penerus bangsa.

Presiden Direktur Tugu Insurance, Tatang Nurhidayat mengapresiasi kegiatan literasi ini. 

Baca juga : Pengamat: Dukungan BUMN Genjot Pembukaan Lapangan Kerja UMKM

Ia pun menyampaikan antusiasme dari setiap event rata–rata mencapai 200 peserta yang ikut dalam #Temanasuransi. 

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68%, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03%. 

“Sementara indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10% meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya di tahun 2019 yaitu 76,19 %. Hal tersebut menunjukkan gap antara tingkat literasi dan tingkat inklusi semakin menurun, dari 38,16 % di tahun 2019 menjadi 35,42 % di tahun 2022, ”jelas Tatang dalam keterangannya, Jumat (9/12). 

Baca juga : Industri Lokal Mesti Siap

“Oleh karena itu, bagi Tugu Insurance yang telah memiliki 41 tahun eksistensi di perasuaransian nasional berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi aktif kami terhadap literasi asuransi di masyarakat Indonesia” tambah Tatang.

Webinar literasi ini diadakan di 6 kampus besar di Indonesia, di antaranya Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Bina Nusantara (Binus), hingga Universitas Gadjah Mada (UGM) mampu menarik antusiasme mahasiswa hingga total lebih dari 1000 peserta.

Kegiatan ini digelar untuk para generasi muda yang memang masih memiliki pengetahuan terbatas terkait dengan finansial dan asuransi. Selain itu, pelaksanaan webinar yang telah dimulai sejak awal September hingga akhir November 2022 ini juga menghadirkan langsung Prita Ghozie sebagai Financial Planner yang telah tersertifikasi serta telah memiliki beragam pengalaman di dunia literasi keuangan. Sehingga, edukasi yang diberikan mengenai pengelolaan keuangan dapat tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa agar cerdas finansial sejak dini.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.