Dark/Light Mode

Kongres Ke-32 AFFA Di Laos Perkuat Kerja Sama Logistik Negara Asia Tenggara

Minggu, 11 Desember 2022 21:59 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - ASEAN Federation of Forwarders Association (AFFA) menggelar kongres ke-32 yang berlangsung pada 9-11 Desember 2022 di Vientiane, Laos.

Hasil kongres tersebut mengumumkan Chua Seng Wah dari Persekutuan Penghantaraan Fret Malaysia sebagai Chairman AFFA yang baru.

Dia menggantikan Yukki Nugrahawan Hanafi dari Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), yang kini naik menjadi Ketua Dewan Penasehat atau AFFA Head of the Advisory Board.

Baca juga : HUT Ke-73, PMJ Lakukan Kerja Nyata Dengan Aksi Sosial Di Lapang Pemulung

Yukki mengatakan, AFFA sangat senang bisa menjadi bagian dari pembangunan kawasan ASEAN dalam melayani sektor logistik untuk memastikan pergerakan barang yang cepat di dalam kawasan.

"Melalui pertemuan ini, kita dapat melanjutkan rencana untuk lebih banyak bekerja sama dan mempercepat pengembangan bisnis dengan mengambil tindakan yang lebih nyata terutama dalam menciptakan kerangka kerja sama di industri Freight Forwarding dan Logistics," katanya dalam keterangan resminya, Minggu (11/12).

Yukki menegaskan, di masa-masa mendatang, perlu untuk terus mewujudkan kerja sama yang lebih besar antara Sekretariat ASEAN dan AFFA termasuk semua negara anggota dalam fasilitasi perdagangan dan mendukung Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di kawasan yang lebih luas.

Baca juga : Mitratel Jalin Kerja Sama Riset Dengan Universitas Telkom

"Kami menyadari bahwa industri logistik dan forwarding memiliki tantangan dan peluang untuk berkembang di tahun-tahun mendatang, selain itu kami juga menyadari bahwa tantangan tersebut tidak mudah untuk dihadapi," jelasnya.

Yukki menilai, kolaborasi, transformasi bisnis dan kemitraan yang kuat akan sangat membantu penerapan semua inisiatif di sektor logistik dan transportasi yang telah diapresiasi oleh Sekretariat ASEAN.

Ke depan, AFFA bersama dengan Sekretariat ASEAN akan lebih aktif terkait ASEAN Trade Facilitation.

Baca juga : Ngeri, Limbah Plastik Terbanyak Sedunia Tumplek Di Asia Tenggara

"Inisiatif Agreement on Multimodal Transport (AFAMT), Asean Framework Agreement on the Facilitation of Goods in Transit (AFAFGIT), ASEAN Customs Transit System (ACTS) adalah yang paling penting untuk memastikan perpindahan barang yang cepat dan aman antar negara di ASEAN," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.