Dark/Light Mode

BRI Dinobatkan Jadi Bank Kontribusi Deviden Terbaik ke Negara

Senin, 12 Desember 2022 14:31 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI meraih predikat sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) berprestasi yang memberikan Kontribusi Deviden Terbaik ke Negara.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, dari perolehan laba 2021, BRI telah memberikan setoran deviden untuk negara dengan yang mencapai Rp 14,05 triliun atau menjadi yang terbesar dari seluruh BUMN. Atas kontribusi besar BRI tersebut,

Baca juga : Jokowi Tetap Urus Negara

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, BRI adalah banknya rakyat, maka laba yang diraih akan dikembalikan kepada rakyat. Contohnya tahun lalu laba BRI mencapai Rp 32,4 triliun dan dikembalikan kepada negara dalam bentuk deviden Rp 14,05 triliun, dan BRI bayar pajak Rp 12,5 triliun.

"Total kontribusi BRI kepada negara berdasarkan laba rugi tahun lalu sebesar Rp 26,5 triliun," ucap Sunarso dalam keterangan resminya, Senin (12/12).

Baca juga : BPIP Sosialisasikan Nilai Pancasila Lewat Musik Di Universitas Mataram

Kemudian, nanti oleh Pemerintah dikelola masuk APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan kemudian kembali lagi menjadi berbagai program ke masyarakat, dan kembali kepada rakyat.

Untuk itu, kata Sunarso, BRI harus terus di-support oleh seluruh pihak. Di tengah kondisi gejolak perekonomian dunia dan ancaman inflasi yang tinggi, BRI tetap mampu mencatatkan kinerja yang solid untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang sustainable. Di mana BRI pertumbuhan laba sebesar 106,14 persen year-on-year (yoy) sebesar Rp 39,31 triliun pada kuartal III-2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.