Dark/Light Mode

Soal Insentif Mobil Listrik, Bos Toyota: Bagus, Jangan Kalah Sama Thailand

Rabu, 14 Desember 2022 23:29 WIB
Direktur TMMIN Bob Azam. (Foto: Ist)
Direktur TMMIN Bob Azam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menanggapi positif rencana pemerintah yang akan memberikan insentif untuk pembelian mobil listrik.

“Baguslah kalau benar ya (pemberian insentif),” ujar Direktur TMMIN Bob Azam kepada Rakyat Merdeka, Rabu (14/12).

Baca juga : Di Ajang Eco Run Fest, Motor Listrik Buatan Elnusa Tarik Perhatian

Menurut dia, pemerintah memang harus memberikan insentif untuk pembelian mobil listrik. Dengan adanya insentif ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan mobil listrik

“Yang penting jangan kalah sama Thailand,” ujarnya.

Baca juga : Sekali Cas Full, Toyota bZ4X Bisa Jalan Sampai 500 KM

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah akan memberikan subsidi pembelian mobil dan motor listrik. Saat ini, kebijakan itu sedang dalam finalisasi.

“Saat ini pemerintah sedang finalisasi menghitung pemberian insentif pembelian mobil atau motor listrik,” ujar Agus dikutip dari YouTube, Sekretariat Presiden, Rabu (14/12).

Baca juga : Bahlil: Tetap Waspada, Jangan Sampai Terbuai

Menurut Agus, insentif hanya akan diberikan kepada pembeli yang membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia. Untuk besarannya, kata dia, insentif mobil listrik Rp 80 juta dan hybrid Rp 40 juta.

Sedangkan untuk motor listrik baru akan diberikan insentif Rp 8 juta. Sementara motor konversi ke listrik akan diberikan Rp 5 juta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.