Dark/Light Mode

BRILianpreneur Raih Nilai Kontrak Rp 1,2 T, BRI Dukung UMKM Go Global

Kamis, 15 Desember 2022 13:44 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kiri), Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) dan Dirut BRI Sunarso (keuda kanan) di acara Opening Ceremony UMKM Expo(rt) BRILianpreneur di JCC, Kamis (15/12). (Foto: Istimewa)
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kiri), Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) dan Dirut BRI Sunarso (keuda kanan) di acara Opening Ceremony UMKM Expo(rt) BRILianpreneur di JCC, Kamis (15/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk ekspor meraih buyer dari luar negeri melalui penyelenggaraan UMKM Expo(rt) BRILianpreneur. Tahun ini, transaksi BRILianpreneur dipatok tembus Rp 15 miliar.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, tahun lalu penyelenggaraan BRILianpreneur diikuti oleh 500 UMKM. Sementara tahun ini BRILianpreneur melibatkan 500 UMKM bazaar dan 250 UMKM showcase di mana pada tahun lalu mencapai transaksi sebesar Rp 10,3 miliar.

Baca juga : Bangga! Gitar Fender Luar Negeri Ternyata Buatan UMKM Lokal

“BRILianpreneur kali ini kami targetkan tembus Rp 15 miliar,” ucap Sunarso dalam dalam acara Opening Ceremony UMKM Expo(rt) BRILianpreneur di JCC, Kamis (15/12).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Baca juga : Rekrut Talenta Terbaik Dari Kalangan Disabilitas, Erick Pede, BUMN Bisa Go Global

Sunarso melanjutkan, capaian untuk nilai kontrak ekspor dari business matching BRILianpreneur tahun lalu sebesar 65 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 1 triliun. Dan tahun ini ditargetkan bisa menembus 75 juta dolar AS (Rp 1,17 triliun).

“Dapat saya laporkan business matching sejak tanggal 6 sampai 8 Desember 2022 nilai kontrak ekspor sudah tembus 76,74 juta dolar AS atau senilai Rp 1,2 triliun. Buyer tahun lalu sebanyak 14 negara, dan tahun ini kita bawa 40 buyers dari 20 negara yang sudah melakukan business matching,” rincinya.

Baca juga : Perusahaan Binaan Ditjen Perkebunan Raih Kontrak Rempah Rp 61 M Di Italia

Terdapat peningkatan lebih dari 30 persen pada buyers participant, dan lebih dari 40 persen dari negara participant dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Lewat sesi kegiatan Virtual Business Matching ini buyers internasional bertemu dan saling bernegosiasi dengan UMKM, sampai terjadi transaksi bisnis yang saling menguntungkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.