Dark/Light Mode

Menparekraf: Kolaborasi IHW 2022 & PPUMI Diharap Majukan UMKM Kreatif

Jumat, 25 Maret 2022 14:08 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat membuka Indonesia Hijab Walk (IHW) 2022 di Trans Convention Centre, Jumat (25/3). (Foto: Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat membuka Indonesia Hijab Walk (IHW) 2022 di Trans Convention Centre, Jumat (25/3). (Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Jawa Barat akan menjadi tuan rumah Indonesia Hijab Walk (IHW) 2022. Event yang diselenggarakan tanggal 25 sampai dengan 27 Maret 2022 di Trans Convention Centre ini dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Atalia Praratya Kamil.

Event yang juga menampilkan sejumlah tokoh seperti Lina Marlina Ruzhan, Ivan Gunawan, Adelia Pasha, Indah Dewi Pertiwi, Lucky Resha, Delia Septianti dan Sarah Vi ini diperkirakan akan menyedot dan perhatian para pecinta karya kreatif baju muslim.

Tahun 2022 ini IHW menggandeng PPUMI atau Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia untuk bersama-sama membantu akselerasi pelaku UMKM & UKM Perempuan di bidang fashion agar semakin maju dan naik kelas menjadi UKM online yang bisa menembus pasar global.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya menyambut positif acara ini. Kata Sandi, kegiatan ini bertujuan menghasilkan produk berkelanjutan dengan kualitas produk yang dikembangkan lebih baik sehingga memiliki nilai jual dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun di pasar global.

Baca juga : Lestari: Pelonggaran Harus Disikapi Dengan Bijak & Kreatif

"Semoga kolaborasi PPUMI dan Indonesia Hijab Walk dapat bersinergi memajukan UMKM bersama seluruh perempuan Indonesia untuk mendorong perekonomian secara nasional dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," papar Sandiaga, Jumat (25/3).

Senada dengan Sandiaga Uno, Ketua II PPUMI, Nani Hastuti menyampaikan, UMKM adalah sektor yang sudah terbukti paling tangguh saat pandemi. UMKM inilah salah satu pilar yang menyokong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Event Indonesia Hijab Walk 2022 ini sangat baik sebagai UMKM-UMKM bidang fashion untuk bisa menggelar produknya, mengenalkan produknya kepada pasar secara lebih luas", ujarnya.

"Bisa bersandingan dengan produk-produk fashion designer terkenal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi UMKM", tambahnya.

Baca juga : Sejak Awal 2022, Wisman Di Jakarta Meningkat Pesat

Sementara Ketua Dekranas Jawa Barat Atalia Praratya Kamil dalam sambutannya menyebutkan bahwa Jawa Barat sebagai tuan rumah IHW ini sangat kaya akan kreatifitas warganya.

"Jawa Barat ekspor fashion adalah tertinggi 1613 juta dolar AS. Kita sempat terpuruk luar biasa karena pandemi di Jawa Barat, bangkit Kembali adalah hal yang penting, Indonesia memiliki penduduk yang beragama muslim terbesar, kita harus saling mendukung dan saling mendorong. Sebuah kebanggaan bagi Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia," tuturnya.

Lebih lanjut, Istri Gubernur Jawa Barat ini berharap, event seperti IHW ini, gairah dan daya beli masyarakat jelang Idul Fitri akan meningkat.

"IHW adalah event yang lahir saat pandemi, justru bertujuan menyemangati industri kreatif bidang fashion muslim agar dapat tetap survive di tengah pandemi dan bahkan bisa mendukung kebangkitan ekonomi Indonesia," ungkap Founder IHW Dewi Kulsum.

Baca juga : Ganjar: Rembang Fashion Parade, Momentum Kebangkitan Ekonomi Kreatif

Lebih jauh Dewi memaparkan, Indonesia Hijab Walk yang lahir di saat pandemi pada tahun 2021 akan berisikan pagelaran Fashion Show dan Pameran ini diikuti oleh para Fashion Designer dan Brand Authentic Indonesia.

Ramadan adalah bulan yang menambah warna kehidupan, baik dalam menghadapi Covid-19, adaptasi kebiasaan baru, sistem bisnis digital dan banyak hal lainnya.

Hal tersebut menginspirasi untuk menjadi tema IHW 2022 yaitu Colorful Ramadan, karena hidup penuh warna tersebut bisa menjadi semangat baru dalam menghadapi dan menjalani bulan suci Ramadan agar dapat tetap survive dan bangkit secara keimanan, ketaqwaan, keilmuan dan kesuksesan dalam kehidupan juga bangkitnya perekonomian Indonesia dengan salah satu jalannya melalui berbisnis di bidang fashion muslim. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.