Dark/Light Mode

3 Tahun Bertransformasi, Laba Holding Perkebunan Melesat

Jumat, 16 Desember 2022 15:52 WIB
Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani. (Foto: Ist)
Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding Perkebunan Nusantara terus melakukan transformasi menyeluruh di tubuh PTPN Group. Salah satu upaya yang dilakukan sejak tiga tahun terakhir, adalah merestrukturisasi organisasi dan terus memperkuat integrasi di antara anak-anak perusahaan.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani menyampaikan, transformasi dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan kinerja dan efektivitas perusahaan. “Setidaknya, kami telah menerapkan lima strategi akselerasi kinerja perusahaan dengan nilai-nilai AKHLAK sebagai core value BUMN,“ ujarnya, di Jakarta, Jumat (16/12).

Baca juga : Manfaat Program Transformasi Perpustakaan Sejahterakan Masyarakat

Kelima strategi tersebut, lanjut Abdul Ghani, yakni optimalisasi portofolio dan operational excellences, commercial excellences dan ekspansi hilir, optimalisasi aset dan kemitraan strategis, pengembangan kapabilitas dan budaya, serta meningkatan sistem dan teknologi. “Untuk itu, kami mewujudkan single identity yang telah menjadi bagian dari Program Strategis Nasional (PSN), seperti PalmCo, SugarCo, dan Aset ManagementCO (SupportingCo),” tambahnya.

Abdul Ghani mengatakan, upaya manajemen dan semangat insan PTPN Group dalam mengimplementasikan transformasi tersebut telah membuahkan hasil yang membanggakan. Hal itu, lanjut Abdul Ghani, terbukti dari capaian kinerja PTPN Group yang terus meningkat.

Baca juga : Ayo Beradaptasi Dengan Perkembangan Teknologi

“Sampai dengan Oktober 2022, tercatat laba bersih kita sebesar Rp 5,06 triliun, naik 66,4 persen dan EBITDA Rp 12,29 triliun atau naik 17,46 persen dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya,” ujarnya.

Abdul Ghani menegaskan, capaian positif itu tak lepas dari berbagai inovasi yang telah dilakukan. Terhadap inovasi bisnis perusahaan, lanjutnya, holding di klaster perkebunan dan kehutanan, telah melakukan pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) berbasis limbah perkebunan, pembangkit listrik tenaga biogas, tenaga surya, dan tenaga air, serta pengembangan bahan bakar nabati (biodiesel dan biofuel) yang ramah lingkungan.

Baca juga : Gagal Jantung Dekompensasi, Pele dilarikan Ke RS

Dalam inovasi investasi, PTPN Group juga telah membangun kawasan ekonomi khusus Sei Mangkei, kawasan industri terpadu Batang, dan kawasan agro wisata. Sedangkan inovasi di bidang teknologi informasi, telah diimplementasikan melalui agro human resources.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.