Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmi Berdiri, Asparminas Dorong Kesetaraan Bisnis Air Minum

Jumat, 16 Desember 2022 18:06 WIB
Deklarasi Asosiasi Produsen Air Minum dalam Kemasan Nasional (Asparminas). (Foto: Ist)
Deklarasi Asosiasi Produsen Air Minum dalam Kemasan Nasional (Asparminas). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Potensi pasar air minum kemasan masih sangat terbuka dan terus tumbuh. Bahkan di tahun ini, pertumbuhannya hampir mencapai angka 10 persen dibanding tahun sebelumnya. 

Air minum kemasan nasional diisi oleh 2.000 merek dari 1.200 perusahaan pelaku usaha air minum kemasan dimana 95 persen di antaranya adalah Usaha Kecil Menengah atau UKM dan 5 persen perusahaan besar.

“Industri air minum kemasan akan terus berubah dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman dan mengikuti aspirasi masyarakat sebagai konsumen yang semakin peduli dengan aspek keamanan dan kesehatan dari produk yang mereka konsumsi sehari-hari. Oleh karena itu Asparminas hadir untuk mendukung penyediaan air minum dalam kemasan yang berkelanjutan, berkualitas, dan berdaya saing global,” ujar Ketua Asosiasi Produsen Air Minum dalam Kemasan Nasional (Asparminas), Johan Muliawan.

Johan mengatakan itu pada acara deklarasi perdana Asparminas di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (15/12). Asparminas diinisiasi oleh tiga produsen air minum kemasan nasional yaitu PT. Jaya Lestari Sejahtera, PT. Sariguna Primatirta, dan PT. Tirta Fresindo Jaya, serta didukung oleh dua dewan pengawas dan dua anggota kehormatan.

Pendirian Asparminas merupakan langkah konkret dalam memajukan industri air minum kemasan nasional dan menunjang iklim usaha yang semakin kondusif. Asosiasi dibentuk untuk menjadi wadah bersama perusahaan air minum kemasan Indonesia.

Baca juga : Pemerintah Dorong Pertumbuhan Start-Up di Sektor EBT

Menurut dia, Asparminas mendorong para anggotanya untuk meningkatkan kualitas produk, mengutamakan keamanan dan kesehatan kemasannya melalui inovasi dan penerapan teknologi terkini. Di dalam pengelolaan internal anggotanya, Asparminas juga akan  senantiasa menerapkan moto setara, berdaya dan sehat untuk kemajuan bersama.

Saat ini telah bergabung 51 anggota yang tersebar di 32 kabupaten/kota yang mewakili 15 provinsi, yang terdiri dari produsen Air Minum dalam Kemasan yang meliputi air mineral, air mineral alami, air demineral, dan air embun, dan jumlah ini akan terus bertambah.

“Keberadaan Asparminas diharapkan menjadi wadah dan memperoleh dukungan luas dari para produsen air minum kemasan yang pada saat ini sebanyak 75 persen belum terwadahi dalam asosiasi,” ujar pemilik air minum kemasan merk Yasmin, Gunadi Chandra.

Dia berharap, asosiasi dapat menjadi jembatan antara produsen dengan pemerintah, dan terus membangun relasi yang baik dengan para mitra dalam memperluas jaringan.

Sekjen Asparminas Eko Susilo mengatakan, Asparminas berkomitmen menciptakan ekosistem industri air minum yang setara, inklusif, berkelanjutan dan berdaya saing tinggi dengan berfokus pada inovasi dan teknologi ramah lingkungan untuk tujuan bersama, yaitu kemajuan para anggotanya.

Baca juga : Delapan Provinsi Dorong RUU Daerah Kepulauan Disahkan 2023

Di sisi lain, Asparminas juga menyadari faktor keamanan dan kesehatan konsumen harus menjadi prioritas, mengingat kebutuhan air minum kemasan yang semakin meningkat di Indonesia serta tren konsumen yang semakin peduli dengan aspek keamanan dan kesehatan dari produk yang mereka konsumsi sehari-hari.

“Konsumen adalah prioritas kami, oleh karenanya Asparminas bersama para anggotanya berkomitmen untuk patuh mengikuti anjuran dan regulasi pemerintahdan terus membangun dialog dan bekerja sama dengan beberapa kementerian terkait, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan pihak terkait lainnya, agar senantiasa bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” tambah Eko.

Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, Kementerian Perindustrian sangat mendukung Asparminas dalam penggunaan teknologi ramah lingkungan, sumber daya dan komponen dalam negeri, peningkatan kapabilitas serta komitmen pendampingan usaha kecil dan menengah air minum kemasan untuk menciptakan kemajuan ekosistem dalam industri air minum kemasan.

“Kementerian Perindustrian memastikan dukungan kepada Asparminas dan akan memfasilitasi pemberdayaan sumber daya alam negeri yang dapat digunakan, dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan serta  kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, BPOM, Rita Endang mengatakan, Asparminas diharapkan bisa menjadi salah satu panutan sekaligus figur asosiasi yang taat serta selalu memberikan dukungan penuh kepada regulasi dan kebijakan pemerintah melalui BPOM sebagai otoritas tertinggi keamanan pangan.

Baca juga : Di Rapimnas Kadin, Airlangga Dorong Pengembangan Ekonomi Digital

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), M. Afif Hasbullah mendukung, berdirinya Asparminas. KPPU berharap, Asparminas bisa menjadi mitra yang strategis dalam membangun iklim persaingan usaha yang sehat dan nantinya berdampak positif bagi masyarakat Indonesia yang menjadi konsumen air minum kemasan. 

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Rizal E. Halim mengatakan, sangat terbuka untuk bekerja sama dengan Asparminas dalam program edukasi dan sosialisasi kebijakan perlindungan konsumen air minum, dan juga berharap adanya transparansi mengenai segala hal yang menyangkut mutu produk air minum maupun kelestarian lingkungan.

Ketua Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad menyampaikan, BSN terbuka untuk melakukan diskusi terkait standarisasi nasional. 

Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Jawa Barat, Rita Susilawati mengatakan, menyambut baik dibentuknya Asparminas. “Kami berharap, Asparminas bisa bermanfaat bagi seluruh anggota dan dapat bersinergi dengan Pusat Air Tanah.”

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.