Dark/Light Mode

Test Drive Jakarta-Semarang-Yogyakarta

Kijang Innova Zenix Nyaman, Irit Dan Bertenaga

Rabu, 21 Desember 2022 14:35 WIB
Toyota All New Kijang Innova Zenix. (Foto: Ist)
Toyota All New Kijang Innova Zenix. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota Astra Motor (TAM) menggelar Journalist Test Drive All New Kijang Innova Zenix. Pada kegiatan ini para jurnalis diberikan kesempatan mencoba Kijang Innova Zenix dengan rute Jakarta-Semarang-Yogyakarta.

Acara yang digelar selama dua hari, Senin-Selasa (19-20/12) ini diikuti 32 jurnalis. Para jurnalis ditantang untuk mencoba Kijang Innova Zenix Hybrid dan Gasoline.

Rakyat Merdeka mendapat kesempatan menjajal mobil baru Toyota ini. Pada kesempatan ini, Rakyat Merdeka satu mobil dengan jurnalis Tribunnews, Bisnis Indonesia, dan Motoris.

Perjalanan dimulai dari Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Kami mendapatkan unit Kijang Innova Hybrid untuk dicoba. Rakyat Merdeka pun mencoba mengendarai sampai destinasi pertama. 

Pertama kali menaiki Kijang Innova Zenix, rasa Kijang lama tak terasa. Semuanya baru. Serasa bukan Kijang. 

MPV ini terasa begitu fun to drive lantaran dapat menyesuaikan output tenaga berdasarkan gaya mengemudi dan kondisi jalan, termasuk di jalan menanjak dan menurun yang menuntut kegesitan dalam menyalurkan power.

Baca juga : Joss! SPK Toyota Kijang Innova Zenix Hampir Mencapai 4.000 Unit

Dengan mengaktifkan mode full electric, mobil  dapat melaju halus cukup mengandalkan motor listrik yang sudah di-upgrade bertenaga 113 PS dan torsi 21 Kgm, diteruskan melalui downsized transaxle yang ditingkatkan kinerjanya untuk menyediakan efisiensi terbaik dan lebih senyap ketika beroperasi.

Hybrid EV ini telah dilengkapi dengan teknologi Toyota Hybrid System (THS) generasi ke-5 yang pertama di Indonesia. Teknologi Atkinson Cycle pada mesin ini juga secara otomatis akan mengatur sinergi paling optimal antara motor bakar dan motor listrik untuk memperoleh konsumsi bensin paling hemat.

Mobil ini sudah dibekali mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm. Tenaga gabungan pada sistem mencapai 186 PS yang disalurkan melalui transmisi e-CVT berkode K120 yang halus dan responsive demi meningkatkan efisiensi bahan bakar, akselerasi, dan operasional yang senyap.

Mobil ini juga dilengkapi opsi perpindahan gigi 10-Speed Direct Shift CVT secara manual untuk meningkatkan kemampuan berkendara di rute naik-turun yang menuntut kinerja mesin prima. Ada empat mode berkendaraan yang bisa dipilih yaitu Eco, Normal, Power, dan EV.

Shock mobil ini juga sangat nyaman. Sehingga melewati jalan rusak masih tetap nyaman. Perjalanan ke Semarang makin nyaman dengan interior Kijang Innova Zenix. Mobil ini sudah menggunakan captain seat di kabin tengah dengan kursi ottoman electric recline yang nyaman karena dilengkapi leg rest, dengan long slide untuk memperluas ruang kaki. 

Fasilitas ini sangat nyaman untuk penumpang belakang yang memang ingin tiduran. Rakyat Merdeka sudah membuktikan kenyamannya selama perjalanan Cirebon ke Semarang. Mobil ini juga dibekali fitur New Panoramic Retractable Roof yang membuat ruang kabin terasa semakin lapang dan memberikan kemudahan menikmati indahnya pemandangan sepanjang jalan.

Baca juga : Nobar Di Rumah Duta Besar Qatar

Perjalanan hari pertama selesai di Hotel Padma, Semarang, pukul 5 sore. Kondisi bensin pun masih belum habis karena teknologi hybridnya membuat Kijang Innova Zenix irit.

Hari Kedua

Pada test drive hari kedua, para jurnalis ditantang membawa Kijang Innova Zenix melalui rute pegunungan menuju daerah wisata alam Kopeng dan lanjut menelusuri jalan ke arah Yogyakarta melalui Magelang dan Sleman.

Kali ini, mobil yang kami pakai adalah Kijang Innova Zenix Gasoline. Mobil ini mulus melewati jalan pegunungan. Engine dan transmisi CVT berhasil menyalurkan tenaga ke roda depan sesuai kondisi jalan. Ditambah stabilizer di belakang untuk menjaga kestabilan mobil supaya tidak mudah limbung.

Mobil ini menggendong mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm. Bahkan, tenaga yang dihasilkan oleh unit TNGA 2.0 lebih bertenaga ketimbang milik Kijang Innova Diesel generasi sebelumnya yang hanya mencapai 149 PS.

Sementara saat melewati jalanan menurun dibantu fitur uphill/downhill shift control untuk mencegah mobil bergerak turun tidak terkendali. Opsi mode manual transmisi CVT memberikan kita memaksimalkan performa mesin.

Baca juga : Pewaris Semangat Juang Ulama, Santri Harus Jadi Benteng NKRI

Pada mobil ini juga ada pilihan mode berkendara mode Eco, Normal, dan Power. Kita tinggal memilihnya sesuai yang kita inginkan.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, Kijang Innova Zenix hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat seiring berkembangnya teknologi otomotif dan infrastruktur jalan yang membuat perjalanan darat semakin cepat, nyaman, dan aman. 

“Platform baru menciptakan ruang untuk meningkatkan performance, fuel consumption, ride quality, dan handling, serta kian ramah lingkungan. Untuk meyakinkan pelanggan bahwa MPV keluarga ini tetap setangguh pendahulunya, kami mengajak jurnalis nasional untuk mencobanya langsung ke kawasan wisata Kopeng yang berada di ketinggian sekitar 1.500 meter dengan rute pegunungan yang menantang,” kata Henry.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Kijang Innova Zenix Hybrid dan Gasoline menghadirkan pengalaman berkendara yang premium dan eksklusif untuk memenuhi kebutuhan lifestyle dan mobilitas pelanggan. Driving performance dari kedua varian Innova Zenix begitu superior di jalan, namun tetap nyaman dikendarai, hemat bensin, dan ramah lingkungan karena efisien dalam mengolah bahan bakar. 

“Hybrid Engine Gen-5 tidak hanya menyajikan kualitas berkendara yang kian hemat BBM, namun juga zero emission dan sangat senyap ketika EV Mode dengan daya jelajah tinggi digunakan,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.