Dark/Light Mode

Ini Jurus Ketum Hipmi Hadapi Situasi Ekonomi 2023

Kamis, 22 Desember 2022 15:53 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Lagipula, secara eksplisit, Presiden menitipkan dua hal ke AHB. Pertama, dalam rangka penguatan ekonomi dibutuhkan kolaborasi untuk mengkapitalisasi kemampuan pengusaha.

Kedua, digitalisasi dunia usaha, khususnya UMKM agar bisa beradaptasi dengan perubahan zaman. Namun, ia mengakui, Hipmi tidak bisa berjalan sendiri. Perlu peran Pemerintah, khususnya BUMN melalui sinergitas.

Baca juga : Jaga Ketahanan Ekonomi Rakyat

"BUMN harus didorong untuk keberpihakannya kepada pengusaha muda seperti Hipmi dalam bentuk kolaborasi. Sehingga BUMN dan pengusaha-pengusaha muda tumbuh bersama," harap AHB.

Menteri BUMN Erick Thohir sudah berbicara dengan Hipmi untuk segera melakukan kolaborasi. Instrumennya, bagi pengusaha lokal yang core bisnisnya berkaitan dengan BUMN bisa dibentuk semacam Joint Operation (JO) alias kerja sama operasi atau Kerja Sama Operasi (KSO).

Baca juga : Ini Kekuatan Meksiko Di Piala Dunia Qatar 2022

"Sampai saat ini memang sebatas gentleman's agreement. Kami butuh konkretnya. Artinya, kolaborasi yang diwacanakan Pemerintah bisa terealisasi melalui BUMN," harap AHB. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.