Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bahlil: Hilirisasi Harus Berdampak Bagi Ekonomi Daerah

Kamis, 6 Oktober 2022 13:07 WIB
Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Indonesia (UI), Rabu (5/10). (Foto: Didi Rustandi/Rakyat Merdeka)
Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Indonesia (UI), Rabu (5/10). (Foto: Didi Rustandi/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, investasi hilirisasi yang didorong di Indonesia harus turut mendongkrak perekonomian daerah.

Bahlil tak mau hilirisasi membuat warga lokal hanya menjadi penonton. Mereka, harus turut terlibat dalam membangun daerahnya.

Bahlil mengatakan, saat ini Indonesia tengah membangun industri hilirisasi. Sejumlah investor mulai berkomitmen untuk menyuntikkan modalnya di Indonesia salah satunya untuk hilirisasi mobil listrik.

Baca juga : Urbanisasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Investasi yang masuk ini di antaranya, dari Korea Selatan, di mana perusahaan LG berkomitmen untuk investasi di sektor industri baterai terintegrasi senilai 9,8 miliar dolar AS.

Kemudian, CATL dari China berkomitmen untuk investasi di baterai terintegrasi senilai 5,2 miliar dolar AS. Lalu, ada Foxconn yang berkomitmen investasi di industri baterai listrik, kendaraan listrik dan industri pendukungnya senilai 8 miliar dolar AS.

"Kami tidak hanya ingin hilirisasi seperti itu, tak ingin investasi masuk daerah, tapi kita ingin investasi yang masuk di daerah wajib berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha daerah, dengan UMKM daerah," kata Bahlil saat menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Indonesia (UI), Rabu (5/10).

Baca juga : Yandri Susanto Ajak Urang Banten Gali Potensi Daerah

"Jangan orang daerah dijadikan sebagai penonton untuk kekayaan alamnya tanpa mereka dimanfaatkan secara baik," sambungnya.

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan regulasi melalui peraturan menteri yang mewajibkan setiap pengusaha atau investor yang masuk ke daerah-daerah berkolaborasi dan melibatkan pengusaha-pengusaha di daerah.

"Ada potensi ekonomi di daerah kembali ke daerah. Jangan hanya berpikir jadi karyawan," tegas Bahlil.

Baca juga : Bank DKI Pimpin Kredit Sindikasi Triliunan Di Tiga Bank Daerah

Bahlil menyebut hilirisasi industri di Indonesia mulai terlihat hasilnya. Sebelum ekspor nikel dilarang, ekspor produk nikel Indonesia pada tahun 2017 hanya 3,3 miliar dolar AS.

Angka tersebut melejit usai Presiden Jokowi melarang ekspor bijih nikel, di mana pada tahun 2021 ekspor produk turunan nikel Indonesia mencapai 20,9 miliar dolar AS.

Terlihat dari defisit perdagangan Indonesia dengan China pada periode 2016-2017 sekitar 18 miliar dolar AS, kemudian pada 2021 defisit perdagangan Indonesia dengan China bisa diperkecil menjadi 2,4 miliar dolar AS. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.