Dark/Light Mode

Menkeu: Ekonomi Triwulan IV Akan Berdaya Tahan Tinggi

Jumat, 30 Desember 2022 21:00 WIB
Menkeu Sri Mulyani. (Foto: Ist)
Menkeu Sri Mulyani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, perekonomian Indonesia pada triwulan IV-2022 akan tumbuh berdaya tahan tinggi. Pemerintah berhasil mengendalikan Covid-19 sehingga  aktivitas-aktivitas masyarakat meningkat di mana-mana. 

Sri Mul mengatakan, ekonomi pada tahun 2022 berada dalam guncangan yang sangat berat dan Indonesia masih mampu menjaga pondasi ekonomi dengan pertumbuhan triwulan III-2022 yang mencapai 5,7 persen. Sri Mul memproyeksi, perekonomian triwulan IV tahun ini yang akan berdaya tahan.

Baca juga : Mitigasi Risiko Ekonomi, Pemerintah Jaga Ketahanan Pangan Dan Energi

Di sisi lain, kata dia, inflasi domestik dapat dikendalikan meskipun terdapat kenaikan harga 

BBM sebesar 30 persen pada bulan September 2022, yakni di level 5,4 persen. Menurutnya, angka inflasi Indonesia cenderung rendah pada saat seluruh dunia di negara maju inflasinya mencapai di atas 7 persen sampai 8 persen, bahkan dua digit.

Baca juga : Tersangka Tragedi Kanjuruhan Bebas Dari Tahanan Nih

Oleh karena itu, Sri Mul menegaskan keyakinan dan pondasi yang cukup baik ini akan terus dipertahankan dengan bauran kebijakan, baik di Kementerian Keuangan dari sisi fiskal dan non fiskal, di Bank Indonesia (BI) maupun di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Kami akan terus mencoba untuk menjaga momentum pemulihan dengan sangat kuat dan kami berharap kemampuan berdaya tahan dan bahkan pertumbuhan yang lebih baik serta lebih kuat akan terus terjaga pada tahun 2023," ujar Sri Mul dikutip dari Antara, Jumat (30/12).

Baca juga : Menpora: Pelaksanaan Piala Dunia U-20 Berpedoman Arahan FIFA

Bendahara Negara ini mengingatkan agar Indonesia tidak terlena optimisme di tahun 2023 sehingga harus tetap disikapi dengan kewaspadaan tinggi. Optimisme dan kewaspadaan adalah campuran sikap terbaik untuk memasuki tahun 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.