Dark/Light Mode

Pertamina NRE & KPI Bersinergi Pemanfaatan PLTS Di Seluruh Kilang

Selasa, 3 Januari 2023 11:40 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) meneken Perjanjian Kerja sama (PKS) terkait pemanfaatan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di kilang-kilang seluruh Indonesia.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina beserta Sub Holdingnya untuk aktif dan menjadi penggerak dalam pengembangan energi baru dan terbarukan di Indonesia.

Baca juga : 43 Pesawat AU China Bersliweran Di Garis Median Selat Taiwan

Chief Executive Officer (CEO) Pertamina NRE Dannif Danusaputro menjelaskan, terdapat empat area kilang dalam pembangunan PLTS area kilang tahap 2 ini. Yaitu Kilang Dumai, Kilang Plaju, Kilang Cilacap, dan Kilang Balongan.

“Dengan total kapasitas terpasang 6,45 MWp, dan estimasi mengurasi emisi sebesar 7,3 ton CO2e per tahun, menjadikan kerja sama ini sebagai langkah nyata dan strategis Pertamina dalam menjalankan tugasnya sebagai motor transisi energi di Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (3/1).

Baca juga : Seminar Nasional Peringati 74 Tahun Front Palupuh

Dannif melanjutkan, kilang adalah jantung energi Indonesia, karena kilang adalah tempat memproses minyak mentah hingga menjadi BBM yang akan dipasarkan nantinya.

Kerja sama ini berdurasi selama 25 tahun dan Pertamina NRE akan memastikan kehandalan PLTS yang dipasang dapat beroperasi, dan menyuplai listrik untuk kegiatan operasi kilang elama 25 tahun dengan lancar. Diharapkan juga berkontribusi mengurangi emisi karbon serta meningkatkan efisiensi energi dalam operasionalnya.

Baca juga : Nataru, Pertamina Pastikan Stok BBM Dan LPG Di Kalimantan Timur Aman

“Banyak tantangan yang harus dihadapi dalam mengembangkan PLTS yang handal dan efisien. Namun, kita optimis mampu mengelola dan menjamin kehandalan PLTS yang kita pasang untuk mensupport operasional kilang,” ujar Dannif.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama KPI Taufik Adityawarman sangat mendukung kerja sama ini. KPI sangat menyambut baik rencana pemanfaatan energi ramah lingkungan, sejalan dengan semangat Pertamina dalam mendukung Net Zero Emission 2060 serta rencana rating ESG KPI di tahun 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.