Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

43 Pesawat AU China Bersliweran Di Garis Median Selat Taiwan

Senin, 26 Desember 2022 11:22 WIB
Jet tempur J-16 China terbang di lokasi yang dirahasiakan. (Foto: Kementerian Pertahanan Taiwan via AP)
Jet tempur J-16 China terbang di lokasi yang dirahasiakan. (Foto: Kementerian Pertahanan Taiwan via AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Taiwan melaporkan, 43 pesawat Angkatan Udara (AU) China melintasi garis median Selat Taiwan dalam 24 jam terakhir, Senin (26/12). Di saat Beijing melanjutkan aktivitas militernya, di dekat pulau yang diklaim China.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, mengatakan telah melakukan "latihan serangan" di laut dan wilayah udara di sekitar Taiwan pada Minggu (25/12). Sebagai tanggapan atas apa yang dikatakannya sebagai provokasi Taiwan dan Amerika Serikat.

Baca juga : Bersama Srikandi BUMN & FHCI, Liza Thohir Berbagi Keceriaan Natal Di Yayasan Gerasa

Taiwan, yang dengan keras menolak klaim kedaulatan China mengatakan, latihan tersebut menunjukkan bahwa Beijing menghancurkan perdamaian regional, dan berusaha untuk menakut-nakuti rakyat Taiwan.

Jet-jet yang terlibat dalam serangan terakhir, secara singkat melintasi garis median Selat Taiwan yang sensitif, penyangga tak resmi, menurut peta Kemenhan Taiwan.

Baca juga : Wujud Toleransi, DKM Ash Shomad Bersihkan Tempat Ibadah dan Sekolah

Tak cuma 43 pesawat AU China yang bersliweran, tujuh kapal Angkatan Laut (AL) Negeri Tirai Bambu juga terdeteksi di dekat Taiwan.

"Taiwan mengirim pesawat tempur yang tidak spesifik untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal memantau penerbangan mereka," demikian pernyataan Kemenhan Taiwan, seperti dikutip Reuters.

Baca juga : Waterway, Solusi Air Bersih Dan Sehat Di Rumah

Dalam beberapa tahun terakhir, China telah meningkatkan tekanan di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, untuk menerima aturan Beijing.

Pemerintah Taiwan mengaku menginginkan perdamaian. Namun, akan mempertahankan diri, jika diserang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.